KADISKOMINFOSP BELTIM LAKUKAN PAPARAN PADA EVALUASI PROGRAM GERAKAN SMART CITY TAHAP I

Juni 27, 2024

Denpasar, DiskominfoSP Beltim – Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Beltim, Bayu Priyambodo beserta OPD terkait menghadiri Kegiatan Evaluasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap I di The Menu Sanur Hotel Denpasar Bali, Selasa (25/06/24). Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan dalam Program Menuju Smart City.

Sejak 2021, Kabupaten Beltim menjadi salah satu Kabupaten/Kota yang masuk dalam Program Gerakan Menuju Smart City. Kegiatan evaluasi yang dilakukan Kemenkominfo ini bertujuan untuk memonitoring sudah sejauhmana Kabupaten/Kota menjalankan Gerakan Smart City di wilayahnya dengan membuat terobosan dan inovasi yang berdampak bagi masyarakat luas.

Kegiatan Evaluasi Program Smart City Tahap I didahului dengan penyampaian paparan terkait Program dan Evaluasi terhadap pelaksanaan program yang telah dijalankan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab oleh Tim Evaluasi yang ditunjuk Kemenkominfo yang terdiri dari praktisi dan akademisi.

Dalam paparannya, Kepala DiskominfoSP Kabupaten Beltim, Bayu Priyambodo menyampaikan terkait program-program inovasi yang telah dilaksanakan oleh OPD di lingkungan Pemekab Beltim yang dikelompokkan ke dalam 6 dimensi yakni Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

“Kami memiliki Master Plan Smart City sejak 2021 dan menjadi pedoman kami dalam mewujudkan Kabupaten Beltim sebagai Smart City. Dan koordinasi kami dengan lintas OPD dalam pelaksanaan program ini juga semakin membaik dari tahun ke tahun,” ujar Bayu.

Bayu menambahkan tahun ini adalah tahun ketiga diikutinya kegiatan evaluasi, dimana evaluasi dilakukan dalam dua tahap, yakni Tahap I dilakukan pada Juni 2024 ini dan Tahap II dilaksanakan pada November 2024 mendatang.

“Evaluasi Tahap I bertujuan untuk memonitoring sejauh mana inovasi dijalankan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sedangkan Tahap II, untuk melihat bukti terhadap dampak dari inovasi yang dilakukan, jadi tidak hanya berupa laporan namun juga berupa kuesioner terhadap inovasi yang telah dilaksanakan. Dan kami akan terus berkoordinasi dengan OPD terkait untuk menyiapkan hal ini,” tambahnya.

Sebagai informasi, Kegiatan Evaluasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap I merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 27 Juni 2024. Adapun kegiatan lainnya yakni Forum Smart City Nasional dengan tema “Transformasi dan Inovasi Menuju Indonesia Emas melalui Kota & Kabupaten Cerdas 2024” serta Pameran Teknologi Terbarukan untuk pengembangan Program Smart City. (Aj)

Mungkin Anda Berminat Membaca

Asesor UNESCO kunjungi Beltim

Asesor UNESCO kunjungi Beltim

Manggar, Diskominfo SP Beltim – Ketua Badan Pengelola (BP) Belitong UNESCO Global Geopark, Mz Hendra Caya mendampingi...