Peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional Kunjungi Belitung Timur

April 24, 2024

Manggar, Diskominfo SP Beltim – Sebanyak 15 peserta Pelatihan Kepempimpinan Nasional Tingkat II Angkatan I Tahun 2024 bersama tiga orang pendamping melakukan Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) ke Kabupaten Belitung Timur (Beltim) pada Rabu (24/04). Kedatangan rombongan di Ruang Rapat Bupati diterima langsung dan disambut hangat oleh Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah serta jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Beltim.

Ketua rombongan Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN), Retno Setijowati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab Beltim yang telah menerima kedatangan dan kunjungan rombongan kegiatan.

“Luar biasa sekali tadi sudah pak Bupati sampaikan visi misi secara detail. Kami berterima kasih pak Bupati sudah menerima kedatangan kami dan menjelaskan langsung secara rinci apa dan bagaimana program unggulan daerah,” ujarnya.

Retno juga menjelaskan dipilihnya Kabupaten Belitung Timur sebagai lokus kegiatan dikarenakan indeks nilai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Beltim dinilai cukup tinggi.

“Kalo kita lihat di website SPBE pemberlakuan terkait dengan sistem pemerintahan berbasis elektroniknya disini cukup tinggi dibandingkan dengan kabupaten lain. Artinya penerapan digital di semua sektor OPD sudah cukup baik,” jelas Retno selaku Widyaiswara.

Ia mengatakan nantinya dalam kegiatan ini selain mengamati penerapan dan praktik SPBE di Kabupaten Beltim, para peserta juga akan melakukan diskusi bagaimana agar budaya digitalisasi dapat ditingkatkan untuk lebih berdampak bagi masyarakat dengan pemanfaatan di era Artificial Intelligence (AI).

“Karena AI ini kan keniscayaan yang mau gak mau harus kita lakukan supaya digitalisasi yang dilakukan itu tidak monoton itu-itu saja harus selalu diperbarui diperbarui dan diupdate,” jelasnya.


Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Beltim, Mathur Noviansyah mengharapkan dengan adanya kegiatan visitasi ini akan ada feedback berupa saran atau masukan dari para peserta kegiatan terhadap semua aspek yang menjadi fokus kegiatan Visitasi Kepemimpinan Nasional di lingkungan Pemkab Beltim.

“Dengan adanya kegiatan ini, Pemkab Beltim tentunya mengharapkan saran bahkan strategi, inovasi dan solusi dari peserta, bisa saja terkait dengan tata laksana, layanan publik, baik itu perekonomian khususnya UMKM,” harap pria yang akrab disapa Mathur ini. (Ts)

Mungkin Anda Berminat Membaca