Ratusan Peserta Ikuti Festival Olahraga Tradisional Beltim

November 28, 2023

Damar, Diskotikdansa Beltim – Ratusan peserta mengikuti Festival Olahraga Tradisional (FOT) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Tahun 2023. FOT diselenggarakan di Stadion Rimba Plawan mulai 27 hingga 30 November mendatang

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan FOT Amrizal mengatakan, ratusan peserta tersebut berasal dari pelajar tingkat SD, SMP, SMA dan masyarakat umum dari 39 Desa di Kabupaten Beltim.

“Peserta ada sekitar 250 peserta, ada yang grup ada yang perorangan. Tapi jumlahnya terus bertambah karena hari ini masih terima pendaftaran,” ungkap Amrizal yang juga Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Beltim ini.

Ia menjelaskan kegiatan ini dimotori oleh Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Kabupaten Beltim. Ada 5 cabang olahraga yang dilombakan yakni gasing, milud, begura, bula cibok, dan tangkup batu.

“Masih banyak kegiatan olahraga tradisional kita, yang terdaftar itu sekitar 140-an. Pada kesempatan ini kita cuma bisa melaksanakan kegiatan di 5 cabang,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Beltim Burhanudin menghimbau agar olahraga tradisional bisa terus berlangsung di lingkungan sekolah. Hal ini mengingat kegiatan tersebut sudah sangat jarang dilakukan oleh anak-anak.

“Berdasarkan survey hampir 90 persen anak-anak di Beltim itu main HP ketimbang mereka bermain permainan seperti ini. Jadi mungkin ini perlu kita galakkan kembali,” ucap Aan sapaan akrab Burhanudin.

Ia berharap, FOT bisa memancing anak-anak untuk terus mencintai olahraga tradisional sehingga bisa memberikan dampak yang positif bagi olahraga tradisional khususnya di Beltim.

“Olahraga-olahraga ini jangan kita tinggalkan. Kita harus terus belajar mengelola kebudayaan dan kearifan lokal. Karena setiap olahraga yang diciptakan pada masa lalu itu memiliki arti dan makna yang bisa memberikan pemikiran kepada kita semua,” tandasnya.

FOT digelar dengan menyiapkan total hadiah sebesar Rp34.350.000,- dengan kategori putra dan putri kecuali cabor bula cibok yang hanya dilombakan untuk kategori putri saja. (Ln)

Mungkin Anda Berminat Membaca