APRESIASI HUT KE-43 DEKRANAS DI MEDAN, “WIRAUSAHA BARU TERCIPTA, PERAJIN BERJAYA”

Mei 23, 2023

Medan, Diskominfo Beltim – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Purwenda Puspitasari menghadiri Syukuran Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang digelar di Convention Hall Santika Premiere Dyandra Hotel Medan, Selasa (16/5/23).

Puncak HUT Dekranas Ke-43 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Pembina Dekranas, Iriana Joko Widodo didampingi Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin, Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution serta sejumlah pengurus Dekranas.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin menyampaikan tema HUT Dekranas ke-43 Tahun 2023 yakni “Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya”.

“Tema ini mengandung makna Dekranas agar selalu menjadi wadah dalam penumbuhan dan pembinaan pelaku usaha, khususnya sektor kerajinan, agar mendorong terciptanya wirausaha baru yang semakin tumbuh dan maju, sehingga dapat kembali bangkit dan berjaya pasca melewati pandemi,” jelas Wury.

Wury menambahkan bahwa dibeberapa daerah keberadaan perajin dirasakan mulai berkurang, sehingga diharapkan Dekranas mampu memainkan perannya untuk menumbuhkan wirausaha baru.

“Hal ini tidak lepas dari belum berjalannya regenerasi dengan baik, untuk itu, Dekranas melakukan berbagai kegiatan penumbuhan usaha baru dalam rangka HUT Dekranas ini,” tambahnya.

Ditemui seusai acara, Purwenda menyampaikan apresiasi terhadap gelaran berskala nasional ini yang dikemas dengan sangat kreatif dan meriah.

“Kegiatan ini sangat meriah dihadiri oleh 1.496 undangan, laporan dari Ketua Panitia tadi, tentunya persiapan yang sangat matang sudah dilakukan oleh Kota Medan, keren acaranya,” ungkap Purwenda.

Terkait tema acara, satu hal yang harus menjadi perhatian bersama adalah regenerasi perajin.

“Sesuai semangat dan tema peringatan tahun ini, tugas kita dekranasda adalah meyakinkan para generasi muda untuk tidak ragu menjadi perajin modern yang mampu berdaya saing, berbasis budaya lokal dan warisan tradisi agar semakin diminati masyarakat,” terangnya.

Dalam perhelatan tersebut, digelar Pameran Dekranas, pembukaan Pelatihan Usaha Baru Dekranas Tahun 2023 sekaligus pergelaran seni tari etnis yang dipadukan peragaan busana berbahan khas daerah oleh beberapa Ketua Dekranasda Provinsi, Kabupaten/Kota. Kegiatan juga disemarakkan dengan penampilan penyanyi Ari Lasso yang sangat menghibur dan berhasil menghipnotis para undangan dengan sejumlah lagu andalannya seperti Misteri Ilahi, Rahasia Perempuan, Kangen dan sebagainya. (Aj)

Mungkin Anda Berminat Membaca