Masyarakat Harus Berperan Dalam Siaga Bencana

November 21, 2022

Manggar, Diskominfo Beltim – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) menghimbau seluruh elemen masyarakat harus ikut ambil bagian untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi.

Hal itu disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sayono usai menghadiri Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi yang berlangsung di Halaman Polres Beltim, Senin (21/11).

“Kita menghimbau masyarakat sampai ke jajaran Desa-Desa untuk mengantisipasi hal ini karena yang masalahnya kondisi cuaca seperti ini kadang-kadang walaupun bisa di prediksi tapi ada hal-hal yang mungkin diluar prediksi,” ucapnya.

Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembapan. Bencana hidrometeorologi berupa kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, angin puyuh, gelombang dingin, hingga gelombang panas.

Menurutnya dengan tingginya curah hujan saat ini dapat menyebabkan bahaya, salah satunya seperti apabila banyak aliran air yang tersumbat dapat menimbulkan bencana. Sehingga lakukanlah langkah-langkah agar tidak terjadi bencana.

“Jaga lingkungannya, kebersihannya, selokan itu jangan sampai penuh sampah dan sebagainya. Kemudian saluran-saluran air harus terawat dengan baik dan juga masalah tempat-tempat yang menjadi akses menuju ke sungai jangan sampai terhambat,” katanya.

Ia menuturkan pemerintah daerah terus melakukan hal-hal antisipasi berkenaan dengan kebencanaan ini. Belajar dari pengalaman bencana 2017, semua orang bisa mengambil hal yang terbaik.

“Lakukanlah yang terbaik karena takdir itu sangat tergantung dengan usaha kita. Nah kita minta takdirnya tidak banjir, ya kita lakukanlah hal-hal yang jangan sampai menjadikan banjir itu. Jadi semuanya harus ikut ambil bagian dalam kepedulian ini,” tutur Sayono.

Melalui kolaborasi berbagai pihak terkait, diharapkan bencana meteorologi dapat diantisipasi dan ditanggulangi dengan baik.

“Kita berharap rasa kesadaran dari masyarakat, rasa cinta kepada daerah ini ya berilah kepedulian dengan melakukan akhlak-akhlak yang baik, berperilakulah yang baik sehingga semuanya tidak menimbukan permasalahan termasuk terhadap lingkungan,” tutupnya. (Al)

Mungkin Anda Berminat Membaca