Burhanudin Lantik Kepala TK, SD dan SMP di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim

Juli 23, 2022

Manggar, Prokom Setda Beltim – Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin, melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala TK, SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur. Pengambilan sumpah tersebut bertempat di Guest House, Rumah Dinas Bupati Belitung Timur, Jumat (22/7).

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Timur, Ikhwan Fahrozi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sayono, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Khaidir Lutfi, dan Plt. Kepala BKPSDM Hendri Yani.

Bupati Burhanudin dalam arahannya menyampaikan agar setiap kepala sekolah dan para guru dapat memperhatikan kemampuan dan bakat tiap anak didik masing-masing, sehingga mereka dapat mengoptimalkan bakat dan kemampuannya tersebut.

“Kita tidak perlu menjadikan semua anak profesor, tidak perlu menciptakan dokter sebanyak-banyaknya, karena kemampuan setiap anak berbeda-beda, manusia dilahirkan dengan IQ dan bakat yang berbeda-beda, jika ada anak yang berbakat pada bidang olahraga, dukung kegiatan yang mengasah kemampuan olahraganya. Namun, jangan dimatikan ilmu eksak atau numeriknya saja,” ujar Aan sapaan akrab Burhanudin.

Aan juga berharap kepada para kepala sekolah, agar dapat menciptakan lingkungan yang baik dan ramah anak, sehingga membuat proses belajar mengajar menjadi lancar dan mendapat hasil yang baik, “Saya paham bahwa Bapak/ Ibu memiliki keterbatasan waktu untuk berkumpul dengan anak didik masing-masing, tetapi dengan waktu yang sedikit inilah manfaatkan dengan sebaik-baiknya agar anak didik betah berada di sekolah. Jadikan sekolah sebagai rumah kedua bagi anak didik,” ungkap Aan.

Aan menghimbau agar para guru dan kepala sekolah untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang tua agar tercipta keja sama dalam proses pendidikan dan pengawasan terhadap anak didik, “Lakukan pendekatan sosial, bangun komunikasi kepada para orang tua melalui paguyuban kelas maupun komite sekolah,” himbaunya.

Menyoroti kasus yang terjadi belakangan ini, Aan berpesan kepada para kepala sekolah yang baru dilantik untuk tegas dalam memimpin sekolah dan tidak beranggapan sepele terhadap tingkatan sekolah yang dipimpin. 

“Mulailah penataan terhadap lingkungan sekolah masing-masing, saya harap para kepala sekolah untuk lebih tegas, jangan menganggap remeh tingkat sekolah yang dipimpin walaupun hanya tingkat taman kanak-kanak atau sekolah dasar, tapi jangan membuat kewaspadaan berkurang, karena para predator ada dimana-mana dan di lingkungan apa saja,” pesan Aan.

Ia juga berpesan kepada para kepala sekolah supaya menjalankan tugasnya dengan baik dengan memperhatikan tugas utama sebagai guru, “Anda dilantik atas sumpah. Ada tanggung jawab moral yang melekat pada kita. Karena itu, saya berharap kepada Bapak/ Ibu yang dilantik pada malam ini, Anda memiliki tanggung jawab dan tugas yang sangat berat. Dengan keadaan seperti saat ini, utamakan tugas seorang guru, yaitu mendidik, mengajar dan membimbing,” pesan Aan.

“Saya mohon kepada kepala sekolah untuk bertindak bijak, berpikir cerdas dalam menangani masalah-masalah yang ada di sekolah masing-masing,” lanjutnya 

Menutup sambutannya, Burhanudin memberi selamat kepada Para Kepala Sekolah yang baru dilantik,”Selamat kepada Bapak/ Ibu guru yang baru dilantik, sekali lagi saya ingatkan bahwa jabatan ini amanah. Berbuatlah yang terbaik bagi sekolah, bangun prestasi yang baik di sekolah. Semoga Bapak/ Ibu menjadi guru terbaik di Belitung Timur dan menjadi kepala sekolah terbaik dengan kemampuan manajerial yang baik,” tutupnya. ads

Mungkin Anda Berminat Membaca