Penyaluran Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil, Aan Ingin Mendorong Perekonomian Lokal

Juni 27, 2022

Manggar, Prokom Setda Beltim – Burhanudin, Bupati Belitung Timur, mengapresiasi terselenggaranya Penyaluran Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) Triwulan II Tahun 2022 oleh PT. Timah Tbk terhadap pengusaha UMKM Beltim yang dilakukan secara simbolis di Ruang Rapat Bupati Belitung Timur, Senin (27/6).

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi atas terselenggara kegiatan hari ini, karena bantuan ini (PUMK) merupakan bentuk dari komitmen bersama dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di Bangka Belitung, khususnya di Belitung Timur,” ujar Aan, sapaan Burhanudin.

UMKM memang merupakan salah satu sektor yang dijadikan fokus oleh Pemerintah Kabupaten Belitung Timur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal. Selain itu, UMKM juga dapat mendorong terciptanya lapangan pekerjaan, sehingga ini dapat membangkitkan perekonomian daerah pasca pandemi Covid-19.

“UMKM saat ini memang sedang menjadi trend yang kita dorong untuk membantu perekonomian lokal, karena bersama dengan UMKM kita juga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat,” jelas Aan.

Dalam kegiatan ini juga ikut hadir perwakilan dari PT. Timah Tbk dan juga pihak Bank BRI yang nantinya menjadi penyalur bantuan. Kepada para penerima bantuan, Aan berpesan agar dana bantuan yang telah didapatkan supaya  dimanfaatkan sesuai peruntukannya guna mengembangkan usaha. Ia berpesan kepada penerima bantuan untuk membuat sistem dan manajemen keuangan yang terukur dan terdata, sehingga manfaat bantuan ini bisa memberikan hasil maksimal.

“Dalam pengelolan dana, saya pesankan kepada Ibu-ibu penerima bantuan, agar dana ini di pergunakan dengan baik untuk kelangsungan usaha, dan buatlah sistem serta menejemen keuangan yang dapat memantau hasil usaha,” harapnya.

Aan juga meminta kepada dinas teknis terkait, PT. Timah dan Bank BRI supaya dapat membina dan mengawasi para penerima bantuan. Salah satunya dengan cara ikut memantau kelangsungan usaha yang dijalankan. kemudian, apabila terjadi kegagalan, kita dapat mengevaluasi bersama-sama dan memberikan masukan-masukan kepada penerima bantuan.

“Yang saya inginkan adalah kolaborasi dalam hal membina dan mengawasi oleh semua pihak, baik perusahaan, bank dan dinas terkait, agar apa yang kita lakukan ini lebih tepat sasaran dan sukses secara substansinya.” (AcJ)

Mungkin Anda Berminat Membaca