Buka Diklat 3IN1 Mesin dan Peralatan Produksi PMKS, Aan Inginkan Anak Muda Beltim Berdaya Saing

Juni 20, 2022

Dendang, Prokom Setda Beltim – Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin, menghadiri dan membuka Diklat 3IN1 (three in one) Angkatan ke-21 Tahun 2022 Operator Mesin dan Peralatan Produksi pada Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) yang dilaksanakan di ANJ Learning Center (ALC), Senin (20/6).

Burhanudin mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan diklat yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan kepada para anak muda Beltim yang sebelumnya mengikuti program Pendidikan Vokasi Setara D-I, program dari Kementerian Perindustrian yang difasilitasi oleh PT. Sahabat Mewah Makmur (SMM) dan juga bekerja sama dengan PTKI Medan.

“Saya berterima kasih dan sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh semua pihak dalam hal mendukung peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Beltim,” ucap Aan, sapaan Burhanudin.

Dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, menumbuhkan SDM yang yang kompeten dan berdaya saing sangatlah penting, apalagi Pemerintah Kabupaten Belitung Timur juga memang sedang berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Sehingga, Beltim akan menjadi kabupaten yang memiliki masyarakat berdaya saing dalam menghadapi tantangan kemajuan teknologi, terutama di bidang teknologi industri.

Aan menyampaikan harapannya kepada para peserta diklat yang nantinya juga akan mengikuti uji kompetensi, agar mengikuti kegiatan ini secara sungguh-sungguh. Mengingat perusahaan-perusahaan sejenis yang bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit di Beltim sendiri tidak hanya PT. SMM. Oleh karena itu, ia berharap kelak anak-anak inilah yang akan mengisi kebutuhan tenaga kerja itu, bukan orang dari luar Beltim.

“Maanfaatkan kesempatan yang telah datang dengan sebaik-baiknya, agar pada masa yang akan datang kalian akan menjadi manusia yang memiliki kompetensi, produktif dan berdaya saing,” ujar Aan. 

Aan juga menyampaikan bahwa pentingnya peningkatan kualitas SDM kepada para peserta diklat. Mengingat anak-anak yang ada saat ini adalah generasi penerus yang akan menentukan kelangsungan Kabupaten Beltim pada masa yang akan datang.

“Tingkatkan kemampuan dan skill kalian, karena pada masa yang akan datang kalianlah yang akan mengawal keberlangsungan Kabupaten Beltim ini,” tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa, dengan SDM yang kompeten, handal dan profesional akan ikut membantu dalam mewujudkan Kabupaten Beltim yang Bangkit dan Berdaya. Bangkit Sumber Daya Manusianya, Berdaya memajukan daerah melalui SDM yang memiliki daya saing serta profesional.

“Kepada Peserta pelatihan ini, saya ucapkan selamat mengikuti pelatihan. Saya berharap saudara-saudara sekalian selalu semangat dalam mengikuti kegiatan. Ini sangat penting dalam mewujudkan Kabupaten Belitung Timur yang Bangkit dan Berdaya,” jelas Aan menutup sambutannya. (AcJ)

Mungkin Anda Berminat Membaca