Lantik BPD PAW, Aan Inginkan Kerja Kolaboratif antar Pemerintah Desa

Mei 25, 2022

Manggar, Prokom Setda Beltim – Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin, melakukan Peresmian dan Pengambilan Sumpah Jabatan Badan Permusyawatan Desa (BPD) Pengganti Antar Waktu (PAW) Masa Keanggotaan Tahun 2022-2025 serta melakukan Penyerahan Hadiah Pemenang Lomba Desa, di Kantor Camat Manggar, Selasa (24/5).


Aan, dalam sambutannya, berpesan kepada para anggota BPD PAW agar tidak menjadikan perbedaan pandangan menjadi permasalahan  yang berujung konflik yang memecah-belah. Sebaliknya, ia berharap dari perbedaan tersebut mendorong upaya saling melengkapi, sehingga  terciptanya persatuan, baik di internal BPD maupun dengan Kadesnya masing-masing.


“Perbedaan dalam masyarakat kita jangan sampai menjadi sebuah konflik, tetapi jadikan perbedaan itu menjadi sebuah upaya untuk memberikan penyemangat untuk bersatu membangun desa-desa kita. Sinkronisasi pemikiran regulasi antara BPD dengan Kepada Desa itu penting,” papar Aan dalam sambutannya.


Aan juga meminta kepada anggota BPD dan Kepala Desa tidak cuek terhadap kehadiran pendatang yang tinggal di desanya. Para Kades, BPD, Kadus dan RT harus memiliki data dan melakukan pengecekan secara terhadap kepada para pendatang tersebut. 


Karena menurut Aan, satu permasalahan dari satu penduduk desa, akan berdampak sangat besar. Misalnya, masalah sosial, masalah kesehatan dan masalah pendidikan.


“Kita bukan anti pendatang, tetapi kita berusaha mencoba menciptakan kondusifitas daerah. Jangan sampai Pak Kades, BPD, Kadus dan RT diam-diam saja dengan adanya warga (pendatang-Red) yang hadir di desanya masing-masing,” tegas Aan.


Namun, Aan juga meminta pemerintah desa dan jajarannya supaya tetap mengedepankan cara persuasif dan kekeluargaan, tanpa harus menggunakan kekerasan apalagi hingga penyalahgunaan kewenangan.
“Ingatkan mereka secara baik-baik, tegur secara lisan dan tegur secara tulisan, tidak perlu menggunakan kekuasan dan emosi,” jelas Aan dalam sambutannya.


Kemudian, Aan menghimbau agar setiap desa dapat manfaatkan teknologi untuk tertib administrasi pengelolaan aset desa, serta tidak anti terhadap investasi di desanya. 


“Jangan alergi dengan investasi. Investasi itu harus dibina dan diajak kerja sama,” ujar Aan.


Pada kegiatan pelantikan BPD yang meliputi BPD Desa Senyubuk, Desa Lalang Jaya, Desa Lalang dan Desa Lintang sebagai pengganti antar waktu, Aan juga memberikan hadiah kepada Kepala Desa pemenang Lomba Desa, yakni Kepala Desa Mentawak, Kepala Desa Lalang Jaya, dan Kepala Desa Lilangan. (AJ)

Mungkin Anda Berminat Membaca