Peringati Hari Bumi ke-52 di Wisata Alam Mangrove Kuale Tambak, Ini Pesan Khairil

April 23, 2022

Damar, Prokom Setda Beltim – Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar mengikuti acara Earth Day 2022 yang diselenggarakan oleh Belitung Geoprak Youth Community Part of UNESCO Belitung Geopark  mengangkat tema Dynamic Earth, Future Earth, and Human Connection untuk memperingati hari bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April di Wisata Alam Mangrove Kuale Tambak, Jumat (22/4). 


Khairil dalam sambutannya mengatakan bahwa menjaga bumi merupakan tugas bersama dan haruslah   dari diri sendiri serta dimulai dengan hal – hal kecil yang nantinya akan berdampak besar bagi kelestarian bumi yang merupakan tempat tinggal bersama. 


“Adalah tugas kita bersama untuk menjaga bumi sebagai rumah tempat tinggal kita. Bisa dilakukan setiap hari, setiap saat dimulai dari diri sendiri, dari hal-hal kecil dan sepele yang kadang kala sering kita abaikan. Misalnya membuang sampah pada tempatnya, menghemat penggunaan air, mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak digunakan, menggunakan kendaraan umum dan lain sebagainya,” ujarnya.


Khairil juga mengatakan bahwa status Belitong UNESCO Global Geopark (UUGp) yang disandang Pulau Belitung pada tahun 2021 merupakan tanggung jawab bersama, antara Kabupaten Belitung  dan Kabuaten Belitung Timur  untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan. 


“Dengan status Belitong UNESCO Global Geopark yang kita sandang, adalah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga lingkungan. Status UGGp ini bukan hanya untuk satu kabupaten saja, tetapi satu Pulau Belitong beserta pulau-pulau kecil sebagai hasil kolaborasi antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur,” ungkapnya.


Di samping itu, Khairil juga mengapresisi Belitung Geoprak Youth Community dan Badan Pengelola (BP) Belitong Geoprak atas terselenggaranya acara Earth Day 2022 ini serta dapat menjadi wadah para pemuda untuk mengumpulkan ide dan gagasan serta memberikan aksi nyata khususnya dalam pengembangan Geopark Belitong.


Acara diakhiri dengan penanaman bibit pohon mangrove dan cemara laut oleh Wakil Bupati Belitung Timur bersama dengan Kepala Bapelitbangda, Kepala Dispora, Kepala DLH, Perwakilan Disbudpar, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Ketua KNPI Beltim, Ketua BP Belitong Geoprak, Belitung Geoprak Youth Community, Ketua Komunitas Geosite Garumedang, serta Pokdarwis Sukamandi.(Tr)

Mungkin Anda Berminat Membaca