Buding Juara Umum MTQH Kecamatan Kelapa Kampit

Maret 31, 2022

Kelapa Kampit, Diskominfo Beltim – Desa Buding kembali berhasil menjadi juara umum pada ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) tingkat Kecamatan Kelapa Kampit tahun 2022. Selama 4 tahun berturut-turut, Desa Buding berhasil menyabet juara Umum MTQ dan STQ.


Tahun 2022 ini MTQH Kecamatan Kelapa Kampit memperlombakan 8 jenis lomba untuk kategori anak-anak, remaja dan dewasa. Desa Buding berhasil menyabet 4 juara pertama, yakni Hafidz, Tartil dan Tilawah Qur’an.. 


Kepala Desa (Kades) Buding, Mardini mengatakan bahwa mereka benar-benar sudah mempersiapkan selama satu tahun untuk mengikuti ajang MTQH tingkat Kecamatan Kelapa Kampit, terutama untuk lomba Hafidz, Tartil dan Tilawah Qur’an. Setiap Senin- Kamis selalu meluangkan waktu untuk latihan. Tak heran, jika pada tahun 2022 ini mereka kembali menjadi juara umum dengan jumlah 44 point. 


“Waktu latihannya seusai mereka pulang sekolah, nah sorenya mereka langsung latihan dalam jangka waktu satu tahun. Untuk tempat latihannya sendiri bisa di TPA, Madrasah atau di rumah ustadznya langsung,” kata Mardini seusai Acara Penutupan MTQH Kecamatan Kelapa Kampit di Masjid Islamic Center, Desa Senyubuk, Kamis (31/3/22).


Sumber dana yang dianggarkan untuk pelatihan kafilah-kafilah Desa Buding adalah bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PADes) dan juga Alokasi Dana Desa (ADD). Pada setiap cabang, seperti pelatih kaligrafi itu dibina seminggu dua kali. Pihak Desa Buding juga telah menyiapkan intensif honorarium tersendiri untuk para guru-guru ngaji dan pengajar. 


“Tahun 2022 ini kita mengirim 18 peserta, untuk yang juara 1 Alhamdulillah ada 7 orang. Sebenarnya juga kami minim peserta untuk kategori dewasa dikarenakan sudah melewati batas maksimal usia,” ungkapnya.


Mardini mengharapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kecamatan Kelapa Kampit di tahun depan bisa meningkat dan jangan pernah takut mengeluarkan anggaran untuk keperluan masyarakat.


“Mudah-mudahan SDM Yanga da di Kecamatan Kelapa Kampit bisa meningkat hal tersebut dikarenakan minimnya peserta dari masing-masing Desa. Jangan pernah taku mengeluarkan anggaran masyarakat, demi kebaikan bersama. Dan kami Desa Buding siap mengikuti MTQH pada tingkat kabupaten,” tutupnya. 


Kegiatan MTQH Kecamatan Kelapa Kampit resmi ditutup oleh Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin di Masjid Islamic Center, Desa Senyubuk. (Triya)

Mungkin Anda Berminat Membaca