Alat Kelengkapan DPRD Beltim Berubah

Maret 28, 2022

Manggar, Diskominfo Beltim – Alat Kelengkapan Dewan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung Timur mengalami perubahan struktur keanggotaan. Perubahan terjadi di jabatan Sekretaris dan Wakil Ketua Komisi.

Perubahan dilakukan dalam Rapat Paripurna II masa persidangan I Tahun Sidang 2022 dengan agenda penetapan perubahan susunan alat kelengkapan DPRD Kabupaten Beltim masa jabatan 2019-2024, yang berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Beltim, Senin (28/03/2022).

Ketua DPRD Kabupaten Beltim, Fezzi Uktolseja menjelaskan, penyelenggaraan Rapat Paripurna kali ini merupakan amanat dari  Pasal 45 ayat 2, pasal 47 ayat 4, pasal 55 ayat 3 Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, bahwa susunan keanggotaaan badan musyawarah, komisi-komisi, BAPEMPERDA, badan anggaran dan badan kehormatan ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD.

“Disini ada beberapa pergantian, kalau ketua komisi semuanya tetap, jadi yang berubah itu di wakil dan sekretaris. Kalau alat kelengkapan lainnya yang berubah di BAPEMPERDA (Badan Pembentukan Peraturan Daerah),” ucap Fezzi.

Ditambahkan Fezzi perubahan alat kelengkapan dewan ini dilakukan setiap dua setengah tahun sekali sebagai bentuk penyegaran anggota.

“Ini kan sesuai dengan tata tertib DPRD bahwa setiap dua setengah tahun memungkinkan bagi fraksi-fraksi untuk mengajukan usulan perubahan. Sekaligus untuk pergantian pimpinan alat kelengkapan. Untuk penyegaran lah, istilahnya tour of duty,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Beltim, Burhanudin mengatakan dengan perubahan alat kelengkapan bisa meningkatkan kerjasama dan sinergi bersama pemerintah Kabupaten Beltim.
“Prinsipnya apapun yang dilakukan oleh kawan-kawan di fraksi  DPRD untuk kepentingan masyarakat. Pergantian personil, pergantian struktur di DPRD intinya adalah agar kita bisa berkolaborasi, bersinergi supaya kita bisa membangun daerah kita ini,” ucap pria yang akrab disapa Aan.

Lebih lanjut Ia berharap agar  wakil rakyat dan para eksekutif sebagai penyelenggara pemerintahan bisa saling mendukung supaya tujuan pemerintahan daerah tercapai sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat.

“Umur kita sudah sembilan belas tahun. Kita perlu bekerja keras, kita perlu untuk mengidentifikasi masalah-masalah di kampung kita untuk diperbaiki, untuk kita majukan secara bersama,” tuturnya

Acara ini turut dihadiri Wakil Bupati Beltim,Wakil Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Beltim,  Forkopimda Beltim, Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim, Sekretariat DPRD Kabupaten Beltim, Asisten dan Staff Ahli Bupati Beltim, Ketua KPUD Kabupaten Beltim, Ketua Bawaslu Kabupaten Beltim, para pimpinan OPD Kabupaten Beltim, Kepala KUA Beltim dan Ketua BPN Beltim. (Ln)

Mungkin Anda Berminat Membaca