Perlu Kerja Sama Semua Pihak dalam Menekan Angka Kelahiran dan Stunting

Maret 16, 2022

Kelapa Kampit, Prokom Setda Beltim – Wakil Bupati Belitung Timur (Wabup Beltim), Khairil Anwar mengatakan dalam menekan angka kelahiran serta menurunkan angka stunting di Beltim perlu adanya kerja sama semua pihak dari RT sampai dengan tingkat Provinsi.

Hal demikian disampaikannya saat diwawancarai seusai menghadiri Pencanangan Hari Bhakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Keluarga Berencana (KB) Kesehatan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun 2022 di PT. Stalindo Wahana Perkasa, Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit, Rabu (16/3).

“Jadi dalam rangka Pencanangan Hari Bhakti Sosial IBI KB, intinya Pemkab Beltim sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan ini. Ke depan harus ada kebersamaan. Jadi berkolaborasi dengan semua stakeholder terkait, dari tingkat RT sampai dengan tingkat provinsi. Baik itu melalui kader, tim ataupun dinas terkait,” ujar Khairil.

Khairil menjelaskan beberapa tahun ke belakang, upaya Pemkab dan Pemprov dalam mengurangi angka kelahiran mengalami hambatan akibat pandemi Covid-19.
Di sisi lain, untuk penanganan stunting, Khairil mengatakan bahwa Pemkab Beltim saat ini sudah pada jalur yang baik dan akan terus diupayakan untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi dengan berbagai program-program dari dinas terkait.

“Untuk program-program penurunan stunting kita juga sudah mulai di tingkat Kabupaten Beltim dengan berbagai program. Mudah-mudahan program KB dan penurunan stunting akan dapat tercapai,” ungkapnya.

Khairil berharap peran proaktif dari para bidan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat bisa terus ditingkatkan melalui momentum Pencanangan Hari Bhakti Sosial IBI KB ini.

“Melalui momentum ini, pemerintah daerah berharap dapat menjadi motivasi tersendiri bagi para bidan untuk lebih proaktif lagi dalam menigkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat baik dalam pelayanan kesehatan maupun dalam pelayanan KB,” harapnya.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Inspektur Utama BKKBN Pusat Ari Dwikora Tono, Pimpinan PT. SWP, Forkopimda Kabupaten Beltim serta OPD-OPD terkait baik dari tingkat Kabupaten Beltim maupun dari tingkat Provinsi Kepulauan Babel. (yas)

Mungkin Anda Berminat Membaca