Aan Apresiasi Pagelaran Seni Budaya Batak, Bukti Keberagaman Budaya Masyarakat Beltim

Februari 6, 2022

Gantung, Prokom Setda Beltim – Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin dan Khairil Anwar menghadiri Pagelaran Seni Budaya Batak yang diselenggarakan oleh Serikat Tolong Menolong Kecamatan Gantung, Minggu (6/2).
Ketika ditemui, bupati yang akrab disapa Aan mengapresiasi kegiatan tersebut karena ini melambangkan kerukunan dalam keberagaman suku-budaya yang ada di Belitung Timur. Dengan berbagai suku bangsa yang ada di Pulau Belitung (Belitong), masyarakat Belitung Timur dapat hidup berdampingan. 


“Pagelaran Seni Budaya Batak yang dilaksanakan di Belitung Timur ini untuk mempersatukan kawan-kawan dari tanah Sumatera Utara yang mana mereka juga memiliki keunikan tersendiri sebagai bagian dari suku bangsa yang ada di Belitung Timur,” ungkapnya.


“Kita mengapresiasi bahwa ini sebuah kehormatan yang luar biasa bagi kita sebagai orang Belitong. Kita bisa membaur, bersatu bersama dengan kawan-kawan dari suku bangsa yang lain. Apakah itu Jawa, Sunda, Bugis, Bawean, Madura, termasuk juga dari Medan, Sumatera Utara (Suku Batak),” imbuh Aan.


Ia berharap bahwa keanekaragaman ini menjadi kekuatan dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat mendorong pertumbuhan dan pembangunan daerah terutama pada sektor pariwisata.


“Kita berharap ini merupakan bagian daripada kekuatan budaya yang ada di Belitung Timur, untuk kita bersatu mendukung kepariwisataan kita dan mendukung pembangunan daerah kita,” ujarnya.


Aan sekali lagi menegaskan bahwa keberagaman ini merupakan kekuatan dan ia juga mengajak masyarakat untuk bersatu dan kompak tanpa membedakan suku bangsa untuk bersama-sama membangun Kabupaten Belitung Timur.


“Jadi ini merupakan kekuatan bahwa Belitung Timur itu adalah daerah yang beraneka ragam, kita bersatu, kita kompak tanpa membedakan suku bangsa. Kita bersatu membangun daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Mungkin Anda Berminat Membaca