SCOPE Expo Gelar Seminar Pendidikan dan Expo Kampus Demi Menuju Era Digitalisasi Society 5.0

Januari 29, 2022

Manggar, Diskominfo Beltim – Sedulang College App (SCOPE) Expo menggelar kegiatan Seminar Pendidikan dan Expo Kampus tahun 2022 yang dibuka oleh Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin dengan tema “Membangun Kesiapan Generasi Muda Belitong dalam Menghadapi Transformasi Pendidikan menuju Era Digitalisasi Society 5.0” di Auditorium Zahari MZ, Sabtu (29/1/22). 


Seminar pendidikan tersebut menghadirkan Hendri Yani, S.Ip., M.IDS, M. Ec. Dev selaku narasumber utama dengan 2 orang narasumber lainnya yakni Ketua Ikatan Keluarga Pelajar Belitong (IKPB) Pusat dan Praja Muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) serta perwakilan mahasiswa dari Universiti Utara Malaysia atau Northern University of Malaysia selaku perwakilan dari founder scope, Arry Aditsya Yoga. 


Ketua Panitia Scope Expo III, Vira Eliza mengungkapkan latar belakang kegiatan ini dilaksanakan karena problematika yang dihadapi saat berada di dunia pendidikan adalah kurangnya minat generasi muda, khususnya Belitong untuk meningkatkan daya saing terhadap perubahan yang terjadi. 


“Maka dari itu kami ingin membantu memberikan motivasi dan pemahaman terkait urgensi pendidikan khususnya dalam menyelesaikan permasalahan sosial di era digitalisasi society 5.0,” ujar Vira.


Acara yang diinisiasi mahasiswa dari Pulau Belitong yang kuliah di berbagai Perguruan Tinggi Negeri, Swasta dan Kedinasan yang bekerja sama dengan IKPB Pusat ini dihadiri oleh 87 siswa siswi SMA/SMK/MA se- Kabupaten Belitung Timur. 


Vira mengungkapkan dengan adanya seminar pendidikan ini diharapkan dapat melek terhadap pendidikan dan urgensi dari pendidikan ini.


“Harapan kami dalam menyelenggarakan kegiatan ini nantinya bisa membantu siswa siswi untuk lebih mengetahui tentang urgensi pendidikan dan juga mengenal lebih dekat kampus impian mereka. Karena pendidikan merupakan pilar penting untuk menghasilkan para generasi muda kebanggaan bangsa yang akan membawa kemajuan bagi negeri ini khususnya bagi daerah Belitong sendiri. Jangan kite yang dikalahkan teknologi, tapi kite lah yang harus menguasai teknologi dengan pendidikan yang kite dapat’,” ungkap Vira.


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua IKPB Pusat, Giovanni Dwintara bahwa yang menjadi tujuan utama dilaksanakan acara tersebut ialah untuk memperluas wawasan siswa siswi di Kabupaten Belitung Timur.
“Tahun ini kita coba untuk mengadakan di Kabupaten Beltim bekerjasama dengan Scope Expo supaya wawasan adik-adik di Belitung Timur ini bisa melihat secara luas tentang pendidikan. Nanti mereka bisa bertanya terkait jurusan, fasilitas dan kegiatan di kampus,” ujarnya.


Menurutnya, di zaman sekarang ini tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tinggal niat dan usaha dari diri sendiri mau atau tidak untuk melanjutkan kuliah. 


“Kita berharap tahun ini lebih banyak adik-adik untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Kita juga selalu support adik-adik yang di luar maupun dalam daerah. Dan semoga kedepannya Pemerintah Daerah support kita untuk mengadakan Try Out SBMPTN. Supaya adek-adek semua bisa lebih siap menghadapi SBMPTN,” ungkap Gio. 


“Kami IKPB berharap jangan hanya jadi mahasiswa kupu-kupu (Kuliah Pulang – Kuliah Pulang), tapi bagaimana caranya mereka untuk memanfaatkan peluang dan aktif di organisasi maupun kegiatan kampus. Karena zaman sekarang ini memang IPK itu dibutuhkan, tapi yang tidak kalah penting ialah softskill untuk memasuki dunia kerja pasca dunia kampus,” harapnya. (Triya)

Mungkin Anda Berminat Membaca