Vaksin Booster di Belitung Timur Sudah Dimulai

Januari 14, 2022

Manggar, Diskominfo Beltim – Pemberian vaksin dosis ketiga (Vaksin Booster) bagi masyarakat Belitung Timur sudah dimulai. Hal ini disampaikan oleh Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Supeni, Kamis (13/01).

Ditemui saat sedang melakukan giat vaksinasi Booster di Ruang Pertemuan DKPPKB, wanita yang akrab disapa Mak Pen ini menjelaskan Kabupaten Beltim diperbolehkan  melaksanakan vaksinasi booster karena capaian vaksinasi primer (dosis 1 dan dosis 2) sudah di atas 85 persen dan lansia 70 persen.“Untuk Beltim kemarin la mulai kick off. Kita sudah mulai di Puskesmas Manggar 20 orang, dan sudah menyebar informasi ke masyarakat bahwa kita sudah bisa melayani booster. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar bisa langsung mendatangi DKPPKB atau puskesmas terdekat dengan menyampaikan data berupa nama, tanggal terakhir vaksin dosis kedua dan nomor telpon yang bisa dihubungi,” kata Mak Pen.

Dikatakan Mak Pen sasaran vaksinasi booster ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dosis kedua.

“Syarat penerima vaksin booster ini harus berusia minimal 18 tahun dan kita baru bisa melayani pasien yang vaksin primer atau vaksin 1 dan 2 nya itu sinovac. Jadi untuk yang kemarin mendapatkan vaksin Aztra Zeneca, kita belum bisa melayani karena belum tersedia/belum didistribusikan ke kita vaksin boosternya,” Jelas Mak Pen.

Ia menambahkan pelayanan vaksin booster dijadwalkan setiap hari, namun baru bisa dilaksanakan pada siang hari. Hal ini mengingat vaksinasi anak usia 6-11 tahun masih berlangsung di beberapa sekolah.

“Nanti kalau vaksinasi untuk anak sekolah sudah selesai, baru kita akan buka jadwal dari pagi, karena kita masih banyak PR untuk vaksinasi anak sekolah ini. Jadi semuanya harus beriringan jangan sampai yang satu jalan, satunya terabaikan,” ucap Mak Pen.

Ditemui di tempat yang sama seusai melakukan suntik vaksin booster, Gustaf Pilandra menyampaikan apresiasi terhadap Pemkab Beltim. Terlebih belum semua daerah menyediakan layanan tersebut.

“Saya sangat berterima kasih kepada pemkab Beltim, karena begitu cepat tanggap dalam menghentikan penyebaran virus covid, apalagi sekarang ada varian baru omicron yang perlu penguatan imun. Terutama kita bangga vaksin booster sudah mulai diterapkan ke masyarakat karena belum semua daerah menyediakan layanan ini,” tuturnya.

Selain untuk mendukung program pemerintah, Gustaf berharap masyarakat tetap antusias seperti pelayanan vaksin primer yang sudah dilaksanakan sebelumnya. “Ini kan untuk menyelesaikan masalah pandemi, artinya masyarakat jangan takut dengan vaksin ini kecuali dengan alasan medis sehingga tidak bisa vaksin, karena ini untuk menambah daya kekebalan tubuh agar terlindung dari ancaman COVID-19 dan termasuk varian-varian barunya,” tutup Gustaf. (Ln)

Mungkin Anda Berminat Membaca