GBM dan FAKSI Upayakan Penuhi Hak Anak

Maret 9, 2021

Manggar, Diskominfo Beltim – Melalui program Jelajah Sekolah dan Sarapan Sehat yang dilakukan oleh Gerakan Belitung Mengajar (GBM) bersama Forum Anak Laskar Pelangi (FAKSI) pada Sabtu (6/3/21) di SDN 8 Dendang bertujuan untuk penuhi hak anak di Kabupaten Belitung Timur.

Serangkaian kegiatan yang telah disusun oleh tim GBM dan FAKSI dimulai dari Sarapan Sehat, Mengajar dikelas, Sex Education yang dikemas dengan bahasa yang ringan dan menarik,  TGR (Traditional Game Return) seperti ular tangga raksasa dan lompat karet, hingga dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dimana anak-anak ditanya mengenai cita-cita mereka, serta upaya anak-anak untuk menggapai cita-citanya. Tim dari GBM dan FAKSI berupaya hadir sebagai sosok pendengar yang baik bagi anak-anak tesebut dan turut memberikan saran agar mampu menginspirasi para peserta.

Kepada Diskominfo Beltim, Havina Bela Oktesia, Ketua Gerakan Belitung Mengajar mengatakan, “Kita bukan cuman sebagai anak muda yang bisa menerima tapi juga bisa memberi, baik itu berupa ilmu, energi dan kebahagiaan. Sebagai pembuktian,  kita bisa saling belajar dan memberikan pelajaran di kegiatan ini, semoga sih kita bisa terus bersinergi ga cuman di Belitung Timur. Karena kita harus bisa menjadi penggerak dan menggerakan banyak anak muda di pulau Belitung untuk menjadi pemuda/pemudi unggul yang peduli sosial dan pendidikan di pulau Belitung untuk kemajuan pulau Belitung sendiri,” jelasnya.

“Konsep Gerakan Belitung Mengajar dan Forum Anak sama-sama ingin memberikan pemahaman kepada mereka bahwasannya menjadi anak yang baik sangat penting dalan kehidupan pribadi, bangsa dan negara. Karena ada orang bijak yang pernah berkata “Knowledge is important, but character is more” karena anak-anak adalah tongkat estafet kemajuan bangsa, maka dari itu Gerakan Belitung Mengajar serta Forum Anak Laskar Pelangi melakukan kerja sama yang bisa di sebut bersinergi karna ini bersifat kerelawanan. Yuk semuanya kita wujudkan Hak anak Belitung Timur demi keemasan negeri di masa mendatang,” ujar Havina.

Ketua Forum Anak Laskar Pelangi, Rifky Wilian Padoma, turut memberikan pendapatnya ketika ditanya kesannya mengenai kegiatan program Jelajah Sekolah dan Sarapan Sehat, “Kegiatan yang seru karena  bisa mengenal dan bisa mewujudkan hak hak anak  khususnya di daerah pendalaman bahwa banyak anak-anak di sana yang memiliki keinginan besar yang luar biasa yang  nantinya mampu menjadi orang yang memimpin roda kehidupan bangsa kedepannya,” ujarnya. (Tasya)

Mungkin Anda Berminat Membaca