Pemkab Beltim Gelar Rakor OPD

Mei 3, 2023

Manggar, Diskominfo Beltim – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Gedung Auditorium Zahari MZ, Rabu (03/05/23).

Rakor yang dilaksanakan setiap bulan ini dipimpin oleh Bupati Beltim Burhanudin dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD dan Kepala Bidang serta JF Perencana di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Beltim.

Ditemui usai acara, Sekretaris Daerah Kabupaten Beltim Ikhwan Fahrozi mengatakan rakor OPD kali ini bertujuan untuk mengevaluasi realisasi anggaran OPD dan proyeksi perencanaan dan penganggaran Tahun 2024.

“Ini evaluasi rutin terhadap capaian realisasi anggaran OPD. Memang pada bulan ini capaian realisasi OPD belum sesuai dengan target. Jadi penegasan untuk Kepala OPD agar segera meningkatkan kinerjanya dalam pencapaian serapan anggaran,” jelasnya.

Terkait persiapan penyusunan proyeksi anggaran 2024, Ikhwan mengungkapkan bahwa Dana APBD Pemkab Betim masih dibawah satu trilyun rupiah.

“Sementara dengan aturan-aturan terjadi ada beberapa sharing PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang mengakibatkan kita mengalami kekurangan,” ungkapnya.

Untuk menyiasati hal tersebut Ikhwan mengungkapkan akan menginventarisir sumber-sumber PAD dan menyiapkan payung hukumnya agar dapat meningkatkan PAD melalui pajak dan retribusi.

“Agar dipahami oleh seluruh kepala OPD bahwa instruksi dari Bupati bagaimana Pemerintah Daerah melalui OPD-OPD berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah kita. Kita butuh komitmen dari Kepala OPD. Mari kita kerja keras, kita kerja sama. Bagaimana kita berlomba-lomba untuk meningkatkan PAD ini,” pungkasnya. (Ln)

Mungkin Anda Berminat Membaca