Ombudsman RI Berikan Penghargaan Bagi 6 OPD Pemkab Beltim

beltim.go.id - 17 Maret 2023

Manggar, Diskominfo Beltim – Sebanyak 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelayanan publik di Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menerima penghargaan dari Ombudsman RI. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Beltim usai Apel Bulanan KORPRI di Halaman Kantor Bupati, Jumat (17/03).

Adapun 6 OPD tersebut antara lain Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Puskesmas Manggar, Puskesmas Mengkubang, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan Kabupaten Beltim.

Fungsional Analis Kebijakan Muda Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Beltim Ibnu Pranata mengatakan raihan penghargaan tersebut merupakan hasil observasi Ombudsman RI pada Agustus hingga November 2022 lalu.

“Ini yang dinilai bukan hanya terkait bangunan, fasilitas dan ada atau tidaknya sarana disabilitas saja, namun penilaiannya juga dari berbagai unsur baik itu unsur pengaduan ataupun Survey Kepuasan Masyarakat,” jelas Ibnu.

Ibnu menambahkan perlu adanya inovasi pelayanan publik di Kabupaten Beltim. Bahkan diungkapkannya untuk mendukung inovasi pelayanan tersebut, Pemkab Beltim telah membuat Peraturan Daerah Kabupaten Beltim Nomor 5 Tahun 2021 tentang Inovasi Daerah.

“Saat ini OPD di Pemkab Belitung Timur perlu meningkatkan pelayanan pada level inovasi. Meskipun kita sudah punya Perda Inovasi Daerah, sayangnya itu belum diturunkan oleh perangkat daerah untuk menciptakan inovasi setiap tahunnya,” beber Ibnu.

Sementara itu Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar menyampaikan apresiasinya terhadap raihan penghargaan tersebut. Menurutnya prestasi ini harus diikuti oleh OPD Kabupaten Beltim lainnya.

“Jangan berpuas diri karena itu penilaian yang benar-benar objektif, sehingga dengan apa yang kita peroleh ini merupakan suatu cambuk bagi kita lebih baik lagi ke depan,” tutur Pria yang akrab disapa Khairil.

Dirinya menekankan agar seluruh OPD Pemkab Beltim terutama yang bergerak di bidang pelayanan publik untuk lebih meningkatkan kinerjanya sebagai wujud komitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Semua harus ditingkatkan mulai dari disiplin, ketaatan penyampaian laporan, peningkatan sumber daya dan kompetensi serta SDM yang tanggap dan bertanggung jawab, jadi semua sudah menjadi satu kesatuan, dan itu dimulai dari diri kita pribadi,” tutup Khairil. (Ln)

Mungkin Anda Berminat Membaca