Pembekalan Teknis Tenaga Kerja Konstruksi Terampil di Beltim  Digelar

November 23, 2022

                      

Manggar, Diskominfo Beltim – Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Beltim Khaidir Lutfi membuka kegiatan pembekalan teknis tenaga terampil konstruksi yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terkait peningkatan fungsi pelayanan Mobile Training Unit (MTU) di RSHBN Kantor Bupati Beltim, Selasa (22/11).

Khaidir Lutfi mengatakan tenaga kerja terampil konstruksi memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu proses pekerjaan konstruksi. Adapun pembekalan teknis tenaga terampil konstruksi yang dilakukan merupakan jawaban untuk menciptakan tenaga kerja terampil konstruksi yang kompeten, andal, dan berkualitas.

“Peningkatan kompetensi pekerja konstruksi merupakan suatu keharusan dalam menjamin agar tidak terjadinya kegagalan pada bangunan/konstruksi. Kondisi ini tentunya membutuhkan tenaga kerja yang andal juga berkualitas,” kata Khaidir.

Khaidir menjelaskan dalam ketentuan Undang-Undang Jasa Konstruksi memperlihatkan adanya komitmen pemerintah, baik pusat maupun daerah yang menekankan pentingnya pembekalan teknis tenaga terampil konstruksi sebagai bukti kompetensi tenaga kerja dalam penyelenggaraan jasa konstruksi.

“Pelaksanaan pembekalan teknis ini menjadi bentuk pengimplementasian Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi,” jelas Khaidir.

Disisi lain, Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Provinsi Kepulauan Babel, Adriansyah mengatakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga telah berkomitmen dengan menegaskan bahwa kompetensi tenaga kerja dalam penyelenggaraan jasa konstruksi menjadi keharusan dan dilaksanakan tidak hanya oleh Pemerintah Provinsi tetapi juga Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Babel.

“Kegiatan ini tujuannya untuk meningkatkan kapasitas SDM di bidang jasa konstruksi khususnya tenaga kerja konstruksi terampil di Kabupaten Beltim agar mampu mengendalikan mutu pekerjaan konstruksi yang ditanganinya sehingga dapat mewujudkan penyelenggaraan konstruksi yang tepat biaya, tepat mutu, tepat waktu dan tepat manfaat,” ungkap Adriansyah. (ver)

                

Mungkin Anda Berminat Membaca