Bupati Beltim Hadiri Dialog Audensi dengan Pelaku UMKM

September 16, 2022

Manggar, Diskominfo Beltim— Bupati Belitung Timur (Beltim) yang akrab disapa Aan mengungkapkan pentingnya peranan UMKM dalam struktur perekonomian daerah. Menurutnya hal ini membutuhkan peran sektor swasta dan berbagai pihak untuk berkolaborasi dengan pemerintah supaya UMKM semakin berdaya saing pada era digital.

“Pemerintah Kabupaten Beltim sangat mendukung dan mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan media digital untuk mempermudah pemasaran produk,” kata Aan dalam Dialog Audensi Pemda dengan masyarakat dan Komunitas Beltim Sektor Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif di Kebon Kopi ‘Bunda Hara’ Desa Lilangan Kecamatan Gantung, Kabupaten Beltim, Kamis (15/9), sore.

“Belajar dari event G20 di Kabupaten Belitung, banyak produk unggulan dari Beltim dijual di sana. Kita juga ingin ada kelompok UMKM di Beltim berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membantu para pelaku UMKM dalam memproduksi dan memasarkan produk unggulan kita, baik melalui berbagai event, maupun melalui media sosial di era digital saat ini,” papar Aan.

Dialog Audensi tersebut dihadiri juga Dandim 0414 Belitung Letkol. Inf. Hairil Achmad dan unsur forkopimda, Asisten I Sayono, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Beltim Bayu Priyambodo dan kepala Perangkat Daerah Kabupaten Beltim, para camat dan kades serta pelaku UMKM.

Dandim 0414 Belitung Letkol. Inf. Hairil Achmad menyampaikan di era teknologi informasi saat ini pelaku UMKM dapat lebih berinovasi dan berkreatifitas untuk mempermudah pemasaran dengan menggunakan aplikasi yang sudah ada.

 “Untuk pemasaran produk, saya berfikir bisa meningkat dengan cara kualitas, inovasi dan kreatifitas. Karena sekarang orang lebih memilih media online, maka melalui berbagai sarana seperti Lawang Beltim dapat dimanfaatkan. Ini merupakan wadah bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk baik menggunakan foto atau vidio yang menarik,” kata Letkol. Inf. Hairil.

Sementara itu, Bayu Priyambodo selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Beltim menjelaskan Pemkab Beltim terus bergerak dan membangun kerjasama dengan semua pihak untuk menyiapkan UMKM Beltim agar maksimal dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran produknya.  

“Pemerintah daerah selalu berupaya mengoptimalisasikan potensi dan produktivitas UMKM melalui digitalisasi wadah pemasaran online produk-produk UMKM. Kami sudah sepakat membangun kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Beltim untuk pendataan UMKM yang nanti data profilnya dimasukkan dalam Lawang Beltim sehingga profil dan produk UMKM bisa dilihat oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal ini agar UMKM dapat semakin berkembang dan memperluas jangkauan pemasaran produk hingga ke pasar global,” jelas Bayu Priyambodo.

Perlu diketahui, Lawang Beltim merupakan pusat informasi Kabupaten Beltim yang menampilkan berbagai fitur dan layanan  dan dapat diakses mudah oleh masyarakat mengenai beragam informasi di berbagai sektor, mulai dari UMKM, pariwisata, kesehatan, pendidikan dan lain-lain. Dimana nama domain untuk situs web resmi Pemkab Beltim adalah beltim.go.id. Masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mempromosikan produknya untuk mempermudah pemasaran.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kabupaten Beltim. Gustaf Pilandra menyampaikan pihaknya langsung membentuk forum UMKM Kabupaten Beltim yang terdapat bidang-bidang yang menangani UMKM yakni bidang promosi, bidang kerajinan, bidang makanan dan minuman, bidang informasi dan bidang pengolahan.

“Adanya forum UMKM Kabupaten Beltim kami akan segera melakukan pendampingan baik dibidang produksi maupun pemasaran supaya UMKM yang ada di beltim lebih dikenal masyarakat luas,”kata Gustaf.

Salah satu pelaku UMKM madu trigona di Beltim, Friskila, sudah merasakan manfaat besar menggunakan media digital sebagai sarana pemasarannya.

“Terimakasih buat Bupati Beltim dan Bank Sumsel yang sudah banyak membantu mempromosikan usaha madu trigona sehingga pada event G20 di Belitung produk madu trigona lolos kurasi produk sehingga bisa tampil pada saat pertemuan G20 di Pulau Belitung,” ujar Friskila. (ver)

Mungkin Anda Berminat Membaca