Beltim Raih 3 Besar TPID Berprestasi Se-Sumatera dalam Pengendalian Inflasi

September 16, 2022

Surabaya, Prokom Beltim – Kementerian Dalam Negeri menggelar Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah (Rakorpusda) Penanganan Inflasi Daerah tahun 2022 dengan menghadirkan seluruh Kepala Daerah se-Indonesia di Hotel Shangri La Surabaya, Rabu (14/9).

Wakil Bupati Belitung Timur (Wabup Beltim), Khairil Anwar, hadir secara langsung kegiatan Rakorpusda Pengendalian Inflasi 2022 dengan tema “Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga dan Ketahanan Pangan: Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan”.

Wakil Menteri Dalam Negeri, Jhon Wempi Wetipo, yang hadir pada kegiatan tersebut turut menyampaikan arahan dari Presiden RI Joko Widodo agar inflasi Indonesia terkendali. Jhon mengingatkan kepada seluruh jajaran terkait untuk meyakini serta mampu mengendalikan inflasi hingga di bawah angka 3%. 

Ia juga menghimbau kepada seluruh Kepala Daerah supaya dapat bekerja sama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) maupun Pusat (TPIP). 

“Salah satu momok terbesar seluruh negara adalah inflasi termasuk Indonesia. Karena keadaan sekarang tidak normal, maka dari itu kami tegaskan kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota agar berkerja keras. Tidak boleh bekerja standar dan menggunakan standar baku, harus saling memperhatikan mikro dan makro ketersediaan pasokan,” pungkas Jhon.

Wabup Khairil Berharap Capaian Ini Menjadi Motivasi Lebih Baik ke Depan

Wabup Khairil mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Rakorpusda yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI ini.

“Kegiatan ini baik untuk daerah, karena ini menghadirkan pembicara yang berkompeten di tingkat Menteri,” kata Khairil.

“Kedua, transfer ilmu. Tadi kan sudah kita lihat dan dengar sendiri inovasi-inovasi yang ada di daerah lain, itu bisa kita contoh dan jabarkan di daerah, mana yang sesuai dengan kondisi daerah kita dalam pengendalian inflasi,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Belitung Timur berhasil masuk dalam nominasi TPID kabupaten/ kota berprestasi di kawasan Sumatera  yang diterima langsung oleh Wabup Khairil.

Khairil mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengendalian inflasi di Belitung Timur, sehingga Kabupaten Beltim berhasil masuk dalam nominasi TPID Kab/ Kota berprestasi kawasan Sumatera.

“Syukur Alhamdulillah, kita masuk 3 besar. Semoga ini menjadi motivasi kita untuk lebih baik ke depan dalam mengendalikan inflasi di daerah, jangan justru berleha-leha,” tandasnya. 

Kepala Bagian Ekbang SDA Setda Beltim, Tri Astuti Ramadhani Haliza menjelaskan Kabupaten Beltim masuk ke dalam kategori TPID berprestasi, karena Kabupaten Beltim merupakan Kabupaten non-Indeks Harga Konsumen (IHK).  Artinya, penghitungan inflasinya tidak dihitung secara nasional namun yang dinilai melalui instrumen program unggulan yang dilaksanakan oleh daerah terkait dengan pengendalian inflasi daerah dan bagaimana kiat-kiat tim TPID dalam rangka meningkatkan pengendalian inflasi di daerah. 

“Untuk program unggulan di 2021 kemarin, kita merancang program P2L, operasi pasar, bazar perikanan yang dirancang dengan penurunan angka stunting,” jelasnya. 

“Dan ternyata, dari kolaborasi 2 program tersebut dinilai baik oleh Tim TPID Award dan TPIP, kita masuk nominasi 3 besar. Mudah-mudahan di tahun depan, kita bisa meraih TPID berprestasi,” tutup Tri. 

Turut hadir dalam Rakorpusda tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin serta Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak. (Ts)

Mungkin Anda Berminat Membaca