Peringati HKGN, Bupati Beltim Edukasi Kesehatan Gigi ke Sekolah

September 12, 2022

Manggar, Diskominfo Beltim— Momentum peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022, Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin bersama Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) Kabupaten Beltim menggelar kegiatan sikat gigi bersama anak-anak di Sekolah Dasar (SD) Baptis Manggar, Kabupaten Beltim, Senin (12/9).

Bupati Beltim Burhanudin yang akrab disapa Aan mengapresiasi kegiatan HKGN yang dilaksanakan oleh PTGMI Cabang Kabupaten Beltim dengan melaksanakan kegiatan sikat gigi pada anak SD serentak di seluruh SD di Kabupaten Beltim. Pemerintah berharap momentum ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Saya mengajak seluruh masyarakat dari berbagai kalangan untuk mensukseskan gerakan sikat gigi massal pada anak-anak agar mengetahui pentingnya dan menjaga kesehatan gigi dan mulut,” kata Burhanudin.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Beltim Burhanudin bersama Ketua DPC  Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) Kabupaten Beltim Yeni Siswaty serta terapis gigi langsung turun tangan membimbing para pelajar melakukan sikat gigi secara bersama-sama tentang tata cara sikat gigi yang benar.

Yeni Siswaty yang akrab disapa Yeyen mengatakan pihaknya melaksanakan kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan dan mencegah penyakit gigi dan mulut di masyarakat secara optimal.

“Pengenalan dan kebiasaan gosok gigi yang baik dan benar pada anak usia dini begitu pentingnya dilakukan agar anak-anak terhindar dari karies gigi,” ungkap Yeyen seorang PNS di RSUD Muhammad Zein Beltim ini. Menurut Yeyen, edukasi kesehatan gigi pada anak sangat penting dilakukan karena dengan gigi yang sehat dan kuat menjadi bekal tumbuh kembang anak yang optimal.

Ia menghimbau kepada para orang tua atau keluarganya agar aktivitas menjaga kesehatan gigi pada anak dapat dilakukan dengan disiplin, konsisten dan berkelanjutan agar anak memiliki gigi yang sehat dan kuat.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Baptis Manggar Paulus menyambut baik dilaksanakannya kegiatan sikat gigi bersama anak-anak dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Beltim dan PTGMI Beltim yang sudah memberikan kepercayaan kepada sekolah untuk bisa mengikuti gelar sikat gigi serentak bersama.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak agar mengetahui pentingnya kesehatan gigi dan mulut,” kata Paulus. (ver)

Mungkin Anda Berminat Membaca