Buka Pelatihan Kepala Sekolah, Aan Ingin Kurikulum Merdeka Mampu Diadopsi dan Diadaptasi Pengajar Beltim

September 12, 2022

Manggar, Prokom Setda Beltim – Burhanudin, Bupati Belitung Timur, membuka Pelatihan Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur dengan tema, “Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka” yang digelar di Auditorium Zahari Mz, Senin (12/9).

“Melalui kegiatan ini, kami berharap implementasi Kurikulum Merdeka dapat diadopsi dan diadaptasi oleh para pengajar yang ada pada setiap tingkatan,” ujar Aan sapaan akrab Burhanudin.

Penguatan kompetensi kepala sekolah yang merupakan wujud dari upaya mengakselerasi penerapan dari kurikulum merdeka yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia sebagai rangkaian dari kebijakan Merdeka Belajar.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana Kurikulum Merdeka dikembangkan dengan lebih fleksibel dan berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik, serta guru juga memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

“Berdasarkan hal tersebut kita perlu mempersiapkan diri untuk mendorong dan meningkatkan kualitas serta kompetensi sumber daya manusia kita agar ke depan SDM kita dapat beradaptasi dengan persaingan yang semakin kompetitif serta menyelesaikan persoalan sosial yang akan menjadi lebih kompleks dari pada saat ini,” ujar Aan.

Dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka selain para guru, para anak-anak yang menjadi peserta didik juga harus memahami teknologi serta mampu mengoperasikan peralatan-peralatan digital dalam rangka mendukung pembelajaran yang mereka terima.

“Mereka harus belajar, karena kan para guru menggunakan media elektronik seperti infocus, handphone dan segala macam dalam mengajar,” ujar Aan.

“Mereka (para siswa – Red) juga tidak perlu terlalu kaku dalam belajar, bahkan tidak mesti belajar di dalam kelas,” ujar Aan menambahkan.

Dalam Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah ini, Aan juga menyampaikan terima kasihnya kepada narasumber yang  telah berkenan dan bersedia hadir serta membagi ilmu pengetahuannya. Narasumber yang hadir berasal dari Balai Besar Guru Penggerak Kota Solo, yaitu Bapak Dr. Setyo Hartanto, M.Kom. dan Bapak Dr. Arju Rahmanto, S.Ag., M.Ag. (AcJ)

Mungkin Anda Berminat Membaca