Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-61, Aan: Mereka Ini Calon Pemimpin Bangsa

September 10, 2022

Damar, Prokom Setda Beltim – Burhanudin, Bupati Belitung Timur, menjadi pembina Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-61 yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwatir Cabang Kabupaten Belitung Timur di halaman Stadion Rimba Pelawan, Kecamatan Damar, Sabtu (10/9). 

Dalam amanatnya, Burhanudin menyampaikan bahwa para anggota Gerakan Pramuka ini merupakan kader-kader pemimpin masa depan bangsa dan dibutuhkan upaya-upaya untuk menghantarkan mereka menjadi manusia-manusia yang unggul serta berkualitas, di mana hal tersebut menjadi tanggung jawab bersama dari seluruh stakeholder dan elemen masyarakat di Beltim.

“Adik-adik ini adalah tanggung jawab kita semua untuk mencetak mereka menjadi Generasi Emas bangsa ini ke depan. Mereka adalah kader-kader, calon pemimpin bangsa ini yang akan meneruskan para pejuang kita yang telah gugur memperebutkan dan mempertahankan kemerdekaan di negara yang kita cintai ini,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa permasalahan sosial yang sedang dihadapi oleh negeri ini saat ini, terutama di Beltim cukup kompleks dan perlu adanya sinergitas seluruh unsur masyarakat dan pengambil kebijakan dalam penanggulangannya.

“Persoalan yang kita hadapi tentang generasi muda bangsa ini, khususnya di Kabupaten Belitung Timur cukup kompleks dan masalahnya perlu penanganan bersama-sama,” ujar Aan.

Aan berharap kepada seluruh pihak, terutama yang ada di bawah Kwarcab Belitung Timur untuk bersatu dan berkolaborasi dalam merumuskan langkah-langkah kongrit sebagai solusi untuk menghadapi persoalan tersebut.

“Karena itu, saya berharap kepada seluruh pihak, baik itu dari pihak gugus depan, dari pihak kwatir ranting maupun kwatir cabang untuk kita berintegrasi bersama memikirkan bahwa persoalan-persoalan generasi muda ini perlu untuk kita carikan solusinya,” harapnya.

Bupati Beltim ini juga berpesan kepada seluruh anggota Pramuka untuk selalu menanamkan jiwa kepemimpinan, toleransi dan kerja sama dalam pengamalan nilai-nilai yang ada di Gerakan Pramuka pada kehidupan sehari-hari.

“Saya juga berpesan untuk terus menanamkan jiwa kepemimpinan, toleransi, suka menolong dan bekerja sama. Bagaimana pengamalan Dasa Dharma Pramuka, Tri Satya Pramuka yang diajarkan dan diimplementasikan dalam tatanan kehidupan kita sebagai anggota Pramuka,” pesan Aan.

Selain apel besar ini, Kwarcab Belitung Timur juga melaksanakan Lomba Ceria Pramuka Tingkar Kwarcab Gerakan Pramuka Belitung Timur. (Ach)

Mungkin Anda Berminat Membaca