Program Urban Farming, Upaya Kecamatan Manggar Kendalikan Inflasi

September 8, 2022

Manggar, Diskominfo Beltim— Pemerintah Kecamatan Manggar melalui program urban farming mendorong masyarakat Kota Manggar untuk menanam beragam tanaman termasuk cabai yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk itu, pihak Kecamatan Manggar mensosialisasikan program urban farming kepada para kader penggerak PKK desa dan kecamatan Manggar di Kantor Camat Manggar, Kamis (8/9).

“Kita menginisiasi program 1 kader PKK 5 rumpun cabai guna mendorong kemandirian rumah tangga dan ketahanan pangan yang terpenuhi. Ini menjadi salah satu cara alternatif untuk menurunkan inflasi,” kata Camat Manggar Abdul Rachim yang akab disapa Boim usai membuka sosialisasi itu.

Program urban farming merupakan salah satu bentuk program pemberdayaan masyarakat yang bergerak pada bidang pertanian. Dimana program 1 kader PKK 5 rumpun cabai akan segera dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan pihak penyuluh pertanian Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Beltim.

Para peserta sosialisasi tersebut mendapat pengetahuan dan ketrampilan mengenai budidaya tanaman cabai, mulai dari pemindahan bibit, pemeliharaan dan perawatan tanaman cabai, termasuk pengendalian hama dan penyakit, masa panen cabai, dan ditutup dengan tehnik pengolahan pasca panen.

Nantinya kader PKK itu akan dibagikan bibit cabai yang telah disemai di dalam polibag dan beberapabulan kemudian akan dinilai tim juri guna mengetahui berapa tanaman yang tumbuh dan dihasilkan. (ver)

Mungkin Anda Berminat Membaca