Event JPJR Belitung Timur Dihadiri Staf Ahli Kemenparekraf RI

September 4, 2022

Manggar, Diskominfo Beltim— Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dadang Rizki mengapresiasi event Opening Ceremony Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) Belitung Timur yang dilaksanakan di Lapangan Yagor Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Sabtu (3/9).

Event JPJR tahun 2022 yang berlangsung 3-7 September 2022 ini merupakan bagian dari program Indonesiana, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI serta event ini menjadi bagian dari Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

“Saya sangat mengapresiasi event ini dilaksanakan di Kabupaten Beltim sebagai penggerak ekonomi masyarakat, sosial budaya dan pariwisata. Artinya, acara ini salah satu cara mendatangkan wisatawan karena wisatawan nusantara yang hadir dalam suatu daerah akan belanja oleh-oleh,” kata Dadang dalam sambutannya.

Bupati Belitung Timur Burhanudin yang akrab disapa Aan menjelaskan keberadaan Kabupaten Beltim sebagai salah satu wilayah dalam pusaran sejarah jalur rempah yang ada di Pulau Belitong, menjadi bukti sejarah masa lalu bahwa Kabupaten Beltim menjadi salah satu alur penting pelayaran sejarah rempah di dunia.

“Catatan sejarah Kabupaten Beltim yang menjadi bagian alur penting pelayaran sejarah rempah di dunia, melatarbelakangi Pemkab Beltim untuk mempopulerkan jejak dan masa depan jalur rempah di Beltim melalui festival Jelajah Pesona Jalur Rempah Beltim,” kata Aan.

Dengan demikian, JPJR Belitung Timur telah menjadi bagian dalam pemajuan budaya daerah, sejak tahun 2019 yang lalu. Dimana pemajuan budaya yang dimaksud, menyiratkan arti penting dari kebudayaan daerah, yang perlu dilindungi, dikembangkan, dimanfaatkan untuk mendukung keberlanjutan kebudayaan daerah, yang diharapkan akan mampu memberikan kebermanfaatan budaya itu sendiri, baik dalam sektor pendidikan, ekonomi dan budaya itu sendiri. (ver)

Mungkin Anda Berminat Membaca