Kwarcab Beltim Kirimkan 16 Peserta Jambore Nasional XI tahun 2022

Agustus 11, 2022

Manggar, Diskominfo Beltim – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mengirimkan sebanyak 16 peserta yaitu 8 putra dan 8 putri ditambah dengan dua orang pembina pendamping untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka XI tahun 2022 yang akan diselenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur pada 14-21 Agustus 2022.

Kegiatan pelepasan kontingen tersebut ditandai dengan penyerahan bendera Gerakan Pramuka kepada pembina pimpinan kontingen di Ruang Satu Hati Bangun Negeri (RSHBN), Kamis (11/8/22).

Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Beltim Helmi Takbirullah Akbar menyampaikan bahwa proses seleksi peserta Jamnas XI telah dilaksanakan pada Bulan Maret lalu dengan proses seleksi yang berjenjang. Dimulai dengan seleksi di Kwartir Ranting yang kemudian dilanjutkan dengan seleksi pada Kwartir Cabang.

“Poin-poin seleksi nya yaitu seleksi secara umum karena ini merupakan pertemuan Pramuka golongan penggalang terbesar se-Indonesia. Tetap yang menjadi nilai utama dari kecakapan umum beserta kecakapan lainnya yang menjadi faktor pendukung,” kata Helmi.

Kegiatan yang akan dimulai kurang dari dua minggu ini diperkirakan akan dihadiri oleh 11.506 utusan penggalang putra dan putri dari Kwarcab di seluruh Indonesia. Jamnas tersebut juga ditujukan untuk mengembangkan lima hal utama, yaitu pembinaan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik. Oleh karena itu, 80 persen bentuk kegiatan direncanakan dilakukan di area perkemahan induk, sedangkan 20 persen kegiatan lainnya dilakukan di luar perkemahan.

“Kegiatan Jamnas ini sangat padat dimulai dari petang pagi sampai ke malam hari itu full kegiatan. Yang menjadi kegiatan utamanya adalah di alam terbuka, seperti pengenalan teknik-teknik pramuka. Intinya mereka disana bersosialisasi dengan Pramuka penggalang seluruh Indonesia,” ujarnya.

Pada penyelenggaran Jamnas XI ini, tema yang diambil adalah Melalui Kegiatan Jamnas XI Tahun 2022 Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi’.

Helmi berharap kepada para peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan baik, sehat walafiat, dan terus semangat.

“Untuk anak-anak yang mengikuti Jambore Nasional ke Jakarta dapat lebih meningkatkan disiplin diri, menambah wawasan dalam hal pengembangan karakter yang membangun dan cinta akan tanah air Indonesia serta menambah teman melalui kontigen yang ikut Jambore tersebut,” tutupnya. (Triya)

Mungkin Anda Berminat Membaca