Pengurus DPC APDESI Beltim Resmi Dilantik, Ini Harapan Aan 

Agustus 4, 2022

Manggar, Prokom Setda Beltim – Bupati Belitung Timur, Burhanudin didampingi Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar menghadiri Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Belitung Timur periode 2022 – 2027 di Auditorium Zahari MZ, Rabu (3/8).

APDESI merupakan organisasi profesi di bidang pemerintahan, kemasyarakatan serta pembangunan pedesaan atau dengan kata lain APDESI dapat diartikan sebagai wadah berhimpunnya seluruh kepala desa dengan tujuan menjadi mitra strategis pemerintah daerah untuk membangun dan memajukan desa. 

Dalam momen ini resmi dilantik, Syamsudin Kepala Desa Mekar Jaya sebagai Ketua DPC APDESI Kabupaten Belitung Timur periode 2022 – 2027.

Mengawali sambutannya, Aan, sapaan hangat Burhanudin, berharap agar APDESI tidak dijadikan sebagai tempat berpolemik dan berkonflik, tetapi sebaliknya APDESI dijadikan sebagai pemantik untuk dapat memajukan desa. 

Ia memandang bahwa setiap desa yang di Kabupaten Belitung Timur mempunyai potensinya masing-masing, tinggal bagaimana setiap komponen dari pemerintah desa dapat berkolaborasi dengan baik agar potensi-potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk memajukan desa maupun Kabupaten Belitung Timur. 

“Euforia organisasi jangan dijadikan polemik dan konflik. Jadikan APDESI sebagai sebuah kekuatan untuk berkolaborasi, untuk menjadi sebuah pembanding, untuk menjadi sebuah pemantik, untuk kita membangun desa kita.  Setiap desa punya sumber daya yang bisa kita kembangkan, karena itu saya berharap para kepala desa, mari manfaatkan potensinya dengan sebaik-baiknya agar percepatan pertumbuhan perekonomian desa itu bisa bangkit,” ujarnya.

Ia juga mengajak Pemerintah Desa untuk mempercepat pertumbuhan investasi daerah dengan terlebih dahulu mengidentifikasi potensi-potensi Desa. Hal ini guna mendukung pertumbuhan desa di Kabupaten Belitung Timur.

“Saya minta segera lakukan identifikasi terhadap potensi-potensi kita agar kita bisa membangun daerah ini dengan cepat”, ajaknya.

Momentum ini juga dimanfaatkan Aan untuk menghimbau seluruh desa agar menyelesaikan semua permasalahan yang ada di desa terutama yang berhubungan dengan desa lain secara baik dengan mengutamakan permusyawarahan antar desa. 

Menutup sambutannya, Aan meminta agar memperbanyak tatap muka dengan kepengurusan APDESI, guna menyelaraskan visi dalam membangun Kabupaten Belitung Timur yang lebih baik ke depannya. 

Acara di akhiri dengan penyerahan penghargaan  Lomba Tertib Arsip Dinamis Desa Tingkat Kabupaten Belitung Timur Tahun 2022, sebagai wujud apresiasi pemerintah daerah dalam meningkatkan sadar arsip pada pemerintah desa yang diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur dengan pemenang lomba juara 1 Desa Bentaian Jaya Kecamatan Manggar, Juara 2 Desa Mayang Kecamatan Kelapa Kampit, serta Juara 3 Desa Tanjung Kelumpang Kecamatan Simpang Pesak. (Tr)

Mungkin Anda Berminat Membaca