Hadiri Rakor AKPSI, Burhanudin Inginkan Penyelesaian Permasalahan-permasalahan Sawit Segera Diselesaikan

Juli 8, 2022

Jakarta, Prokom Setda beltim – Bupati Belitung Timur, Burhanudin menghadiri Rapat Koordinasi Audit Perkebunan Sawit se-Indonesia Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit (AKPSI) di Puri Agung Grand Hotel Sahid Jaya Sudirman Jakarta, Kamis (7/7).

Rakor ini membahas 4 (empat) isu utama masalah sawit, yakni perlindungan dan pemberdayaan petani, penyelesaian konflik lahan sosial, masalah keberlanjutan lingkungan dan yang terakhir peningkatan nilai tambah industri sawit. 

“Selama ini kan kita di daerah banyak persoalan-persoalan sawit yang harus kita selesaikan, baik itu masalah lahan dan masalah produktifitas maupun di ketenagakerjaan. Keseluruhan itu kita harus selesaikan di Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit (AKPSI-red),” jelas Burhanudin saat diwawancarai seusai acara rakor.

Ia juga menekankan kepada seluruh petani dan juga pengusaha sawit agar dapat bersinergi dengan pemerintah supaya dapat mengoptimalisasikan pendapatan negara dari sektor perkebunan sawit. Hal ini demi mendorong pembangunan di daerah.

“Para petani-petani sawit dan para pengusaha sawit harus bersinergi dengan pemerintah dalam rangka meninggikan pendapatan negara di sektor perkebunan sawit,” ujar bupati yang akrab disapa Aan.

Sementara itu, Ketua Umum AKPSI Yulhaidir menyatakan dukungannya terhadap upaya audit terhadap pengusaha kelapa sawit yang dicanangkan pemerintah. Alasannya, Indonesia merupakan penghasil sawit terbesar dengan kontribusi terhadap 54 persen ekspor dunia.

“Makanya penting audit supaya nampak. Kita menuntut keadilan supaya daerah penghasil sawit. Ada keseimbangan, pemerintah, pengusaha, dan masyarakatnya. Sekarang kan dimonopoli pengusaha untuk harga TBS-nya,” ungkap dia.

Selain dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Jenderal TNI (HOR) (Pur) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A dan Kepala BPKP RI, Muhammad Yusuf Ateh, Ak., M.B.A., juga dihadiri oleh sejumlah pimpinan daerah yang tergabung dalam AKPSI dengan mengusung tema, ‘Komitmen Bersama Memperbaiki Tata Kelola Sawit Nasional.’

Mungkin Anda Berminat Membaca