46 Siswa Ikuti Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

Manggar, Diskominfo Beltim – Sebanyak 46 Siswa-siswi mengikuti Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Tingkat Kabupaten Belitung Timur (Beltim) tahun 2022. Penyelenggaraan lomba akan dilaksanakan selama 4 hari, dari 17 Mei hingga 20 Mei 2022 mendatang.

Lomba yang berlangsung di Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Beltim ini resmi dibuka oleh Bupati Beltim Burhanudin, yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Beltim Bidang Kemasyarakatan dan SDM Zikril.

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Beltim Mudiarsono mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku, mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter bangsa.

“Selain itu tujuannya untuk menumbuhkembangkan kecintaan anak-anak terhadap karya budaya bangsa dan mencari bibit-bibit generasi muda yang dapat menjadi panutan dalam menjalankan kebiasaan gemar membaca,” tambahnya.

Untuk itu, Yayan sapaan akrab Mudiarsono berharap dengan kegiatan ini para siswa SD/MI bisa menyalurkan bakat yang mereka punya dan para guru bisa menggali potensi yang ada pada anak didik mereka.

“Lomba ini diadakan tiap tahun. Saya berharap tahun depan pesertanya akan lebih banyak. Kalau bisa semua SD/MI di Beltim mengirimkan perwakilan, karena disinilah ajang untuk membuktikan kemampuan mereka,” ujarnya.

Ditemui usai acara Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Lukman Hakim menjelaskan Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Tingkat Kabupaten Beltim ini menggunakan materi cerita sebanyak 5 judul yang bersumber dari Buku Antologi Kebudayaan Daerah Belitong Edisi 3, terbitan Dinas Perpustakaan Kabupaten Beltim.

“Materi ceritanya Hikayat Dayang Nurbaye, Tuk Badara Pute, Asal-usul nama Gunung DAM, Legenda Gusong Cina, dan Asal Mula Desa Selingsing dan Lubuk Tapah,” jelas Lukman.

Dikatakannya, ada beberapa komponen penilaian terhadap peserta lomba yakni penampilan peserta dalam bercerita, cara bercerita/teknik bercerita, penguasaan materi dan kemampuan bercerita dan nantinya seluruh pemenang akan mendapatkan piagam, trofi dan uang tunai (dipotong pajak).

“Waktu yang diberikan untuk bercerita 15 menit dan dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) babak yaitu babak penyisihan dan babak final. Para pemenang nanti terdiri dari Juara 1, 2, 3 dan Harapan 1, 2, 3,” tuturnya.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu para Staf Ahli Bupati Beltim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Beltim, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Beltim, dewan juri Lomba Bercerita dan undangan lainnya. (Ln)

Mungkin Anda Berminat Membaca