Tim Penggerak PKK Desa dan Kecamatan di Beltim Ikuti Lomba HKG PKK ke-50 Tingkat Provinsi Babel

Februari 22, 2022

Manggar, Prokom Setda Beltim – Sebanyak lima Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa dan satu TP PKK Kecamatan yang mewakili Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dalam ajang Lomba Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terlihat sangat bersemangat saat mengikuti kompetisi tersebut yang juga disaksikan langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Beltim, Khairil Anwar di Gedung Serba Guna Desa Padang, Selasa (22/2).


Seusai acara, Wabup Beltim mengatakan bahwa enam PKK desa dan kecamatan yang mewakili Kabupaten Beltim dalam ajang perlombaan tersebut bukan merupakan PKK yang ‘karbitan’. Hal demikian menurut Khairil bisa dilihat dari semangat serta kemampuan pemahaman dari berbagai program pokok PKK.


“Jadi PKK yang sudah kita ikutkan lomba ini sebenarnya bukan PKK yang baru, dengan kita lihat semangat mereka bahwa mereka ini bukan hanya ‘karbit-karbitan’, sehingga program yang dilaksanakan mereka ini memang program yang benar-benar terpadu,” katanya.


Khairil menambahkan antusias dan totalitas dari semua peserta diharapkan bisa menjadi pemantik motivasi bagi PKK desa maupun kecamatan lainnya untuk lebih aktif dalam mengimplementasikan 10 Program Pokok PKK.


“Sehingga mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi PKK lainnya untuk lebih aktif, dan mudah-mudahan kita juga dari Pemkab Beltim melalui PKK kabupaten untuk selalu turun ke desa-desa dan dusun-dusun,” ujar Khairil.


Mantan Camat Simpang Pesak ini berharap TP PKK Kabupaten Beltim untuk bisa terus menyelaraskan program-program mereka dengan program-program Pemkab Belim yang berdasarkan visi-misi Bupati dan Wabup Beltim saat ini, yaitu ‘Belitung Timur Bangkit dan Berdaya’.


“Saya berharap PKK Kabupaten Beltim ini bisa terus menyelaraskan program PKK dengan program pemerintah, yaitu sesuai dengan visi-misi Beltim,” tutupnya.


Adapun macam-macam perlombaan yang berdasarkan 10 Program Pokok PKK, yaitu :1. Tertib Administrasi yang diwakili oleh Desa Padang;2. Dasawisma yang diwakili oleh Desa Sukamandi;3. Pola Asuh Anak dan Remaja yang diwakili oleh Desa Mentawak;4. Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga diwakili oleh Desa Mekar Jaya;5. Pemanfaatan Perkarangan Yaitu Hatinya PKK yang diwakili oleh Desa Gantung; serta6. Pencapaian IVA Test diwakili oleh Kecamatan Manggar. (yas)

Mungkin Anda Berminat Membaca