OPD DIINGATKAN TEPAT WAKTU SERAHKAN LAPORAN

Februari 1, 2022

Manggar, Diskominfo Beltim – Sekretaris Daerah Belitung Timur Ikhwan Fachrozi mengingatkan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Beltim dapat segera menyusun berbagai laporan untuk dikirimkan ke Pemerintah Provinsi maupun Pusat. Mengingat masih tersisa dua bulan lagi, tenggat waktu batas pengiriman laporan.

          Penekanan itu disampaikan Ikhwan saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala OPD Pemkab Beltim di Auditorium Zahari MZ, Senin (1/2/22). Rakor juga turut dihadiri oleh Bupati Beltim Burhanudin dan Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar.

          “Rakor ini untuk kita mengevaluasi dan mengingatkan kembali OPD-OPD, bahwa pada triwulan pertama ini ada agenda penting, yaitu harus menyusun laporan, baik yang disampaikan ke provinsi maupun pusat,” kata Ikwan.

          Laporan itu menurut Ikhwan terdiri dari Laporan Kinerja (LKJ), Laporan Penyelenggara Pemerintah Daerah (LPPD) dan Laporan Keterangan PertanggungaJawaban (LKPJ). Selanjutnya laporan itu akan diiput, untuk LKJ dikoordinir dari Bagian Organisasi, Untuk LPPD dan LKPJ dikoordinir Bagian Tata Pemerintahan.        

“Saat ini sampai satu bulan ini, kita ingin melihat sejauh mana progressnya dari masing-masing OPD itu untuk menyampaikan data-data maupun variabel-variabel pada masing-masing laporan,” ujar Ikwan.

Ikwan menyatakan batas akhir penyerahan seluruh laporan pada Maret 2022 ini. Yang berarti, OPD Pemkab Beltim masih mempunyai waktu dua bulan lagi untuk melengkapi data-data tersebut

“Pada hari ini Pak Bupati dan Wakil Bupati ingatkan kembali kepada OPD-OPD agar dapat bekerja keras sehingga dapat menyampaikan laporan tepat waktu,” ungkap Ikhwan.

Apabila terlambat dalam penyampaian laporan, bukan hanya OPD yang akan merasakan dampaknya, namun Pemkab Beltim secara keseluruhan. Apalagi selama dua tahun berturut-turut Pemkab Beltim selalu memperoleh opini ‘Wajar Tanpa Pengecualian’ dari BPK RI.

“Muara  dari permasalahan ini semua adalah kita yang sudah 2 tahun berturut-turut memperoleh opini wajar tanpa pengecualian dari BPK RI, bisa berdampak pada opini kita dalam rangka menjaga momentum ini sehingga kita tidak boleh lalai dalam menyampaikan laporan,” tegas Ikhwan. @2!

Penulis: Fauzi Akbar

Foto & Editor Web: Azy Lakuank

Mungkin Anda Berminat Membaca