Hari Jadi Beltim ke-19 di Kampit, Aan Ajak Masyarakat Berfikir Kolektif Demi Kemajuan Belitung Timur

Januari 21, 2022

Kelapa Kampit, Prokom Setda Beltim – Bupati Belitung Timur, Burhanudin menghadiri acara Ramah Tamah dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Belitung Timur ke-19 di Kecamatan Kelapa Kampit, Jumat (21/1).

Dalam sambutannya Burhanudin mengajak kepada tamu undangan untuk bermuhasabah di usia Belitung Timur ke-19 pada tanggal 27 Januari 2022.

“Saya ingin mengajak Bapak/ Ibu melakukan muhasabah. Muhasabah ini penting, dengan kita berusia 19 tahun, Belitung Timur. Bupati sudah berganti-ganti bupati, RPJP Belitung Timur sudah akan berakhir, 25 tahun tahap pertama RPJP. Dan RPJMD saya adalah RPJMD terakhir di masa RPJP tahap I Belitung Timur berdiri,” jelasnya.

Ajakan muhasabah diri tersebut bukan tanpa alasan. Burhanudin atau yang akrab disapa Aan mengungkapkan bahwa meskipun Belitung Timur memiliki wilayah yang lebih luas dibandingkan Kabupaten Belitung, namun ketimpangan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di antara dua kabupaten tersebut cukup tinggi.

“Kenapa saya mengajak Bapak/ Ibu untuk bermuhasabah? Untuk kita mengintropeksi usia 19 tahun Belitung Timur. Belitung Timur ini dari luas wilayah, kita lebih luas daripada Belitung. Tetapi persoalan yang mendasar yang perlu saya garis bawahi, bahwa Belitung Timur adalah daerah yang memiliki ketimpangan ekonomi yang cukup tinggi antara Belitung Timur dan Kabupaten Belitung,” ungkap Aan.

Hal tersebut disebabkan salah satunya oleh ketergantungan akan komoditas/ barang kebutuhan sehari-hari masyarakat Belitung Timur dipasok melalui pelabuhan Tanjungpandan bukan dari Beltim sendiri. Pasalnya, Belitung Timur belum memiliki pelabuhan.

“Perbedaan ketimpangan ekonomi ini adalah dikarenakan, pertama Belitung Timur tidak memiliki pintu masuk dan pintu keluar (barang). Belitung Timur daerah yang memiliki sumber alam yang cukup kaya, tetapi belum mampu mengoptimalkan sumber pendapatan tersebut menjadi sumber kekayaan daerah karena tidak memiliki pintu masuk dan pintu keluar,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, ia mengajak kepada seluruh masyarakat Belitung Timur untuk merubah cara pandang demi memajukan Kabupaten Belitung Timur secara bersama-sama, sehingga pikiran kolektif dalam memajukan daerah sangat dibutuhkan.

“Mari kita rubah mindset dan paradigma berfikir kita untuk memajukan daerah kita. Maju mundurnya Belitung Timur bukan hanya karena bupati, tetapi juga karena masyarakatnya,” ajak Aan.

“Kita harus berfikir secara kolektif, berfikir sama-sama. Bagaimana cara membangun daerah kita. Ambil inovasi, kreatifitas para pengemban kebijakan di masing-masing wilayah untuk berfikir kolektif membangun daerah,” sambungnya.

Ia berharap di usia Beltim ke-19 tahun semoga apa yang telah dirintis dan dibangun, jangan disia-siakan.

“Semoga apa yang telah kita rintis, apa yang kita bangun, jangan disia-siakan. Karena itu saya mengajak di usia 19 tahun Belitung Timur, mari kita melaksanakan upaya untuk mengintropesksi diri agar pembangunan di daerah kita lebih baik ke depan,” harapnya. (Ach)

Mungkin Anda Berminat Membaca