DESA KELUBI DEKLARASIKAN OPEN DEFECATION FREE (ODF)

Januari 18, 2022

Manggar, Diskominfo Beltim – Desa Kelubi Kecamatan Manggar melaksanakan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang bertempat di kantor Desa Kelubi, Selasa (18/1/22).

Deklarasi ODF Desa Kelubi disaksikan oleh Bupati Belitung Timur (Beltim), Camat Manggar, Kapolsek Manggar, Danramil Manggar, Forkopimda Kabupaten Beltim, OPD Kabupaten Beltim, Kepala Desa Kelubi, BPD Desa Kelubi dan UPT Puskesmas Kecamatan Manggar.

Desa Kelubi merupakan desa ke-3 setelah Desa Baru dan Desa Bentaian yang turut mendeklarasikan desa stop BABS di Kecamatan Manggar.

Ditemui Diskominfo Beltim seusai acara, Camat Manggar Abdul Rachim mengungkapkan bahwa apa yang telah dicapai merupakan bentuk kerjasama dari Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa Kelubi serta pihak ketiga dari PT SWP.

“Disini kami selaku Pemerintah Kecamatan bekerjasama dengan Pemerintah Desa untuk mengajak pihak ketiga yang dalam hal ini PT SWP untuk berkontribusi dalam menciptakan desa sehat di Desa Kelubi,” ungkap Boim sapaan akrab Abdul Rachim.

Ditambahkan Boim ada 2 desa mendapat bantuan jamban atau WC yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT SWP yakni Desa Bentaian dan Desa Kelubi.

“Atas bantuan mereka tersebut, akhirnya desa yang mendapat dukungan dari PT SWP itu ada 2 yakni Desa Bentaian 36 jamban dan Desa Kelubi 30 jamban,” jelas Boim.

“Harapan kami di Kecamatan Manggar bisa menjadi kecamatan yang bebas BABS dan Kabupaten Belitung Timur dapat menjadi kabupaten yang sehat,” harap Boim.

Sementara itu, Kepala Desa Kelubi Zamroni mengatakan proses yang dilakukan sebelum melakukan deklarasi ODF adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terhadap pola hidup sehat.

“Proses yang dilakukan sebelum deklarasi ODF adalah memberikan sosialisasi tentang pola bersih hidup sehat kepada masyarakat serta mendata warga yg belum punya wc,” ujar Zamroni.

Zamroni juga menuturkan bahwa di Desa Kelubi tersebut terdapat 65 rumah yang tidak memiliki jamban.

“Awalnya data tersebut ada sekitar 90 lebih rumah warga yang tidak mempunyai WC, namun setelah mendapat bantuan dari PT SWP tersebut tersisa sekitar 65 warga yang belum mempunyai WC,” tutur Zamroni.

“Sampai deklarasi hari ini sudah ada 30 unit WC dari mereka, serta 3 unit dari pemerintahan desa,” jelasnya.

Zamroni selaku Kepala Desa menghimbau kepada masyarakatnya untuk lebih memahami pola hidup bersih dan sehat.

“Harapannya adalah setelah Deklarasi ODF ini Desa Kelubi bisa lebih memahami pola bersih hidup sehat dengan tidak buang air besar sembarangan. Karena dengan sehat hidup itu jauh lebih penting di banding harta yang ada,” kata Zamroni.

Agenda dirangkaikan dengan pembacaan ikrar deklarasi ODF yang dibacakan oleh Kepala Desa Kelubi dan dilanjutkan dengan penandatanganan sekaligus penyerahan serifikat desa ODF oleh Bupati Belitung Timur Burhanudin kepada Kepala Desa Kelubi Zamroni. Dan acara ditutup dengan menandatangani pernyataan stop Buang Air Besar Sembarangan. (Triya)

Mungkin Anda Berminat Membaca