BUPATI BELTIM LANTIK PEJABAT ADMINISTRATOR, PENGAWAS, KEPALA UPT PUSKESMAS, DAN KEPALA SEKOLAH

Januari 18, 2022

Manggar, Diskominfo Beltim – Sebanyak 80 ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) diambil sumpahnya dan dilantik oleh Bupati Beltim Burhanudin, pada Senin (17/1), di Halaman Kantor Bupati Beltim.

Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Nomor 188.45-81 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Kepala Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Surat Keputusan Bupati Nomor 188.45-82 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Administrator dan Pengawas dan Surat Keputusan Bupati Nomor 188.45-83 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Guru dalam Jabatan Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama Negeri, Sekolah Dasar Negeri, dan Taman Kanak-Kanak Negeri Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

Pengangkatan ASN tersebut terdiri dari 7 orang dalam Jabatan Kepala UPT Puskesmas, 4 orang dalam Jabatan Administrator, 14 orang dalam Jabatan Pengawas, dan 5 orang Guru dalam Jabatan Kepala Sekolah SMP Negeri, 48 orang Guru dalam Jabatan Kepala Sekolah SD Negeri, dan 2 orang Guru dalam Jabatan Kepala Sekolah TK Negeri.

Dalam sambutannya, Bupati Beltim yang kerap disapa Aan ini mengingatkan agar seluruh pejabat yang dilantik pada hari ini dapat meningkatkan kinerjanya.

“Saya mengingatkan agar seluruh pejabat yang dilantik untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Kepada seluruh jajaran ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur untuk segera berbenah, menyesuaikan diri dengan pimpinan serta menjadi bagian dari kesuksesan organisasi tempat bekerja,” tegas Aan.

Kepala Bidang Mutasi dan Promosi Aparatur BKPSDM Beltim Juriandri menjelaskan dasar mekanisme pelantikan pada hari ini dikarenakan adanya perubahan Struktur Organisasi  dan Tata Kerja (SOTK) dan atas dasar kebutuhan yang dipandang perlu dan segera untuk melakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan.

“Untuk Pejabat Administrator ini karena kita ada perubahan SOTK dari Peraturan Bupati Belitung Timur Nomor 62 Tahun 2021 tentang Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Inspektorat Daerah Kabupaten Belitung Timur, sementara untuk Pejabat Kepala UPT Puskesmas mengacu kepada Peraturan Bupati Belitung Timur Nomor 1 Tahun 2022 tentang Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur,” jelas Juriandri.

Sementara itu bagi Pejabat Kepala Sekolah baik dari tingkat TK, SD dan SMP mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

“Kalau dulu mekanisme pengangkatan Kepala Sekolah harus ada diklat calon kepala sekolah terlebih dahulu yang tentunya memakan waktu lama dan anggaran yang cukup besar. Dengan adanya Permendikbud Ristek itu dikecualikan bagi yang belum punya sertifikasi pendidik atau sertifikasi guru penggerak bisa diangkat sebagai kepala sekolah,” tambahnya. (Al)

Mungkin Anda Berminat Membaca