Saling Menghargai dan Menghormati Kunci Utama Keharmonisan Antar Umat Beragama

Mei 25, 2021

Manggar, Prokom Setda Beltim – Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin menjadi narasumber dalam kegiatan Pembinaan dan Dialog Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Lingkup Kemenag Beltim, Senin, (24/5).

Dalam kesempatan itu, Burhanudin menyampaikan pentingnya harmonisasi antar umat beragama dan Ia pun mengajak untuk sama-sama dalam memfilter pemberitaan hoax berkenaan dengan isu-isu SARA dalam upaya menciptakan konflik antar agama.

Diwawancarai seusai menjadi narasumber dalam acara tersebut, Aan sapaan akrab Burhanudin mengatakan saat ini yang pertama harus dilakukan ialah menjaga kerukunan internal setiap agama terlebih dahulu dengan tidak memberikan informasi yang keliru.

“Pertama, setiap pemuka agama harus menjaga kerukunan di internalnya terlebih dahulu artinya jangan memberikan pemahaman atau informasi yang keliru, setelah itu baru kita menjaga kerukunan eksternal yaitu kerukunan antar umat beragama,” katanya.

Aan menjelaskan dalam kehidupan ini ada banyak sekali keberagaman atau heterogen, oleh karena itu saling menghargai dan saling menghormati adalah kunci utama dalam memelihara kerukunan antar umat beragama.

“Karena itu kita saling menghargai saling menghormati satu sama lain, oleh karena itu pemerintah bersama dengan FKUB harus sama-sama hadir ditengah-tengah masyarakat dalam menjaga harmonisasi itu,” jelasnya. (yas)

Mungkin Anda Berminat Membaca