Pemkab Beltim Jual Daging Sapi Segar Rp 130.000

Mei 8, 2021

Manggar, Diskominfo Beltim – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Pemkab Beltim) beserta stakeholder terkait, Satgas Pangan Polres Beltim akan mengadakan Operasi Pasar Murah Daging Sapi Segar yang akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 9 Mei hingga Hari Selasa, 11 Mei 2021 di 4 Kecamatan di Kabupaten Beltim.


Ditemui oleh Diskominfo, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP)  Kabupaten Beltim Asep Suhayanto mengatakan Operasi Pasar Murah Daging Sapi Segar merupakan program inisiasi Pemkab Beltim sebagai salah satu upaya Pemerintah dalam menyikapi dinamika pasokan dan harga daging sapi potong jelang Hari Raya Idul Fitri.


“Tujuannya untuk menekan harga daging sapi potong yang sekarang di pasaran hampir menyentuh di angka 200 ribuan, mungkin nanti H-1 bisa aja lenting harganya terus merangkak,” ungkap pria yang akrab disapa Asep.


Dalam pelaksanaan kegiatan ini, DPMPTSPP menggandeng berbagai sektor terkait seperti Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Kesatuan Polisi Pamong Praja, serta BPBD.


“Untuk acara pelaksanaan operasi pasar pengamanan nanti dibantu oleh Pol PP, Satgas Pangan dan Dishub. Dihimbau nanti agar warga yang membeli untuk tetap memperhatikan prokes, karena kalau tidak memakai masker tidak akan dilayani,” jelas Asep ketika ditemui di ruang kerjanya.


Sebanyak kurang lebih 6 ekor sapi jenis Limosin dan BX yang akan didistribusikan kepada masyarakat Beltim dalam Operasi Pasar Murah Daging Segar ini. Dimana nanti setiap warga akan mendapatkan jatah 1Kg untuk 1 Keluarga dengan Harga daging sapi Rp. 130.000,00.


Untuk mendapatkan daging sapi segar murah, masyarakat dapat mengunjungi Operasi Pasar Murah Daging Segar di Kabupaten Beltim yang tersebar di 4 Kecamatan Kabupaten Beltim, sebagai berikut :
1.    Kecamatan Manggar, Lokasi Kegiatan di Terminal Manggar, Minggu 9 Mei 2021
2.    Kecamatan Gantung, Lokasi Kegiatan di Pasar Lama Gantung, Senin 10 Mei 2021
3.    Kecamatan Damar, Lokasi Kegiatan di Halaman MPB, Minggu 9 Mei 2021
4.    Kecamatan Kelapa Kampit, Lokasi Kegitan di Halaman Gedung Serba Guna, Selasa 11 Mei 2021.
 
Intervensi Harga Daging Sapi Mahal Di Pasaran

Strategi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) bersama Satgas Pangan Polres Beltim untuk mengantisipasi kenaikan harga daging sapi yang melonjak tinggi menjelang Hari Raya Idul Fitri, akan dilaksanakan Operasi Pasar Murah Daging Sapi Segar yang akan dilaksanakan di 4 Kecamatan di Beltim, diantaranya Kecamatan Manggar, Kecamatan Kelapa Kampit, Kecamatan Gantung dan Kecamatan Damar.
 
Sayono selaku Asisten I Bidang Pemerintahan dan Sosial Pemkab Beltim mengatakan lonjakan harga ini menyebabkan situasi sulit di masyarakat.
 
“Lonjakan harga daging sapi saat ini tentunya sangat berpengaruh terhadap daya beli masyarakat, untuk itu berdasarkan hasil pertemuan tadi dengan Bupati, Polres dan beberapa jajaran terkait bahwa kita akan ada upaya untuk operasi pasar daging sapi,” ujar Sayono.
 
“Rencananya akan dilaksanakan selama 3 hari dari Minggu hingga Selasa tergantung dari ketersediaan bahan dan sebagainya. Pelaksanaan di tiap-tiap kecamatan ini nantinya akan dilaksanakan secara serempak mulai pukul 08.00 WIB di masing-masing titik lokasi yang telah ditentukan. Disetiap kecamatan dibawah koordinasi Bapak/Ibu Camat dan tim teknis terkait lainnya,” tambah Sayono.
 
“Besaran harga daging sapi segar yang dijual yaitu Rp. 130.000,00 per 1 Kg untuk 1 Keluarga. Kami juga mohon kepada masyarakat supaya jangan ada niatan dalam 1 keluarga membeli lebih dari 1 Kg, jadi cukuplah per 1 keluarga 1 Kg supaya masyarakat lainnya juga kebagian,” tambahnya.

Sayono juga berharap adanya Operasi Pasar Murah Daging Sapi Segar dengan harga jual daging sapi segar ini paling tidak dapat menstabilkan harga daging sapi agar tidak melonjak terlalu tinggi.
 
Penulis : Ts dan Al
Editor   : Fauzi

Mungkin Anda Berminat Membaca